Seru, Atraksi Barongsai di Kepatihan Jombang Sedot Perhatian Banyak Warga

Kemeriahan pertunjukan barongsai di Desa Kepatihan Kecamatan/Kabupaten Jombang.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Ratusan warga memadati Balai Desa Kepatihan, Kecamatan Jombang. Mereka rela berdesakan agar bisa menonton atraksi kesenian barongsai dan ular naga, Sabtu (7/9/2019) sore.

Tak hanya warga setempat, banyak juga pengguna jalan yang melintas tertarik untuk ikut menikmati kesenian khas yang berasal dari negeri Tiongkok itu.

Baca Juga

Barongsai dan ular naga, berangkat dari Klenteng Hok Liong Kiong Jombang menuju Balai Desa Kepatihan diiringi tabuhan alat musik khasnya, membuat warga sekitar tertarik dan antusias ikut dalam iring-iringan tersebut.

Tak sedikit pula yang mengambil gambar dan video dua barongsai berwarna merah saat menunjukkan aksinya.

Pertunjukan ini merupakan puncak rangkaian acara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Meski Agustus telah usai, semangat kemerdekaan warga tak pernah usai. Hal ini dibuktikan antusiasme warga yang sangat tinggi saat pertunjukan digelar.

Kepala Desa Kepatihan, Erwin Pribadi pun terlihat turun langsung untuk mengkoordinasi panitia dan keamanan setempat, demi kelancarkan acara.

“Karena jarang ada pertunjukan barongsai. Jadi senang sekali bisa lihat pertunjukannya, apalagi dekat rumah,” ungkap Ririn, warga desa setempat.

Tak hanya melihat pertunjukan saja, beberapa orang juga ada yang memberi angpao dengan dimasukkannya lewat mulut barongsai.

Tak selesai pada pertunjukan barongsai, pada Sabtu malam, dilanjutkan pagelaran wayang kulit dengan lakon cerita “Wisanggeni Krido”.

Pertunjukan wayang kulit dengan dalang Ki H Sartono SSos ini, digelar di Jalan RE Martadinata (sebelah utara klenteng). (rosintan/mg)

[wbcr_php_snippet id="kabarjombang"]

Berita Terkait