Reptil Iguana Jutaan Rupiah, di Pasar Hewan Tunggorono

Iguana yang diperjualbelikan di Pasar Tunggorono Jombang. (Foto : Daniel)
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Selain terkenal dengan berbagai jenis burung, di Pasar Tunggorono, Jombang  ini juga terdapat hewan mamalia dan reptil. Salah satunya adalah Iguana, jenis reptil yang harganya mencapai jutaan rupiah.

Bagi pencinta reptil, hewan ini termasuk hewan yang paling digemari dan banyak dipelihara. Pasar Tunggorono menawarkan reptil iguana jenis red dan green. Harga iguana jenis red mencapai Rp 3 juta, sedangkan iguana jenis green mencapai 2,5 juta.

Baca Juga

Dikatakan penjual iguana, Wito (50), iguana dengan harga jutaan rupiah tersebut merupakan iguana yang telah mencapai usia tiga tahun atau indukan. Ia mengaku stok iguana yang didapatkan berasal dari penggemar hewan reptil.

“Kebetulan iguana yang saya jual ini betina, sudah siap kawin, dan nunggu bertelur. Makanya harga mencapai Rp 2,5 juta keatas,” ungkapnya Sabtu (24/10/2020).

Sedangkan untuk harga iguana usia satu sampai tiga bulan mencapai harga Rp 350 sampai 500 ribu. Wito (50) mengaku, saat ini stok iguana kecil atau anakan masih kosong, hanya saja saat ini tersedia iguana dewasa.

“Stok pejantan saat ini juga kosong, kemarin dibeli orang Lamongan, iguana jenis red seharga Rp. 2,5 juta,” ucap dia.

Wito menyebutkan perlu adanya perhatian khusus jika ingin mencoba berternak, pasalnya telur yang dihasilkan iguana mencapai puluhan. Dari puluhan telur itu harus di sediakan pasir sekitar 50 cm ditambah air, ditutup rapat hingga tiga bulan.

“Baru baru ini dua iguana saya bertelur hingga mencapai ratusan telur, sayangnya gagal. Karena ketersediaan ruang yang kurang serta cuacanya,” tambahnya.

Penjualan reptil iguana di Jombang dikatakan Wito, untuk usia iguana beberapa bulan memiliki pangsa pasar yang tinggi. Sehingga penjualan laku keras dibandingkan reptil usia dewasa.

“Peminat memang banyak yang kecil, namun kalau mau berternak dengan reptil dewasa lebih menjanjikan walaupun harga nya jutaan. Namun nanti hasilnya lebih banyak lagi, karena telurnya banyak ditambah usia satu bulan anakan saja sudah Rp 300 ribu,” pungkasnya.

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait