by

Renovasi Pasar Jadi Program Syafi’in untuk Benahi Jombang

KABARJOMBANG.COM – Kombes Pol (purn) Syafi’in, kembali blusukan ke pasar tradisional di Kota Santri. Kali ini, pada Sabtu (10/2/2018), Calon Bupati Jombang 2018-2023 ini mengunjungi Pasar Pon, yang berada di Desa Kaliwungu, Kecamatan/Kabupaten Jombang.

Selama 2 jam berada di pasar ini, Gus Syaf –sapaan akrabnya, melakukan komunikasi dengan pedagang dan pembeli di pasar, serta tukang becak. Tak jarang, Gus Syaf juga mencicipi jajanan hingga bubur yang dijual warung di dalam pasar. Disitu, Gus Syaf ingin mengetahui secara langsung kondisi warga yang mencari rezeki di pasar.

Menurutnya, dari 18 pasar yang dikunjunginya, mayoritas interaksi antara pedagang dan pembeli belum teratur, dan kondisi atau kebersihannya masih kurang alias kumuh.

“Dari pukul 06.00 WIB pagi, atau 2 jam di pasar ini. Saya melihat masih banyak tempat atau lapak pedagang yang kumuh dan bau. Mereka juga mengeluhkan harga-harga bahan pokok yang masih fluktuatif,” katanya.

Kedepan, lanjut Gus Syaf, keberadaan pasar tradisional di Jombang harus ditata dengan pola modern, agar aktivitas jual beli antara pedagang dan pembeli bisa teratur dan nyaman. Sebab, pasar tradisional merupakan pusat ekonomi masyarakat.

“Dengan berbasis ekonomi kerakyatan, saya berencana melakukan renovasi pasar tradisional berpola modern, yakni meningkatkan fasilitas dan kebersihan serta pentaan pedagang pasar,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan, rencana tersebut sudah dirancang oleh tim secara matang, serta mendapat dukungan dari sejumlah Kementrian di pemerintah pusat. “Saya sudah berkomunikasi, dan ada dukungan dari beberapa Kementrian jika saya terpilih menjadi Bupati Jombang,” tegasnya. (rief/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya