Rayakan HUT RI, Ratusan Warga Tambar Mancing di Saluran Irigasi

Suasana warga Jogoroto saat mancing di saluran irigasi secara beramai-ramai. (Foto: Solid).
  • Whatsapp

JOMBANG, FaktualNews.co – Kendati dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI agak terlambat. Namun, antusias warga RW 2 Desa Tambar, Kecamatan Jogoroto, Jombang, dalam merayakan hari kemerdekaan cukup tinggi.

Buktinya, Sabtu (29/8/2020) lalu, warga Tambar merayakan HUT ke-75 RI dengan cara mancing lele bersama di saluran irigasi daerah setempat. Tepatnya di Jalan Panglima Sudirman RT 4 RW 2 Tambar Selatan.

Baca Juga

Ketua panitia pelaksana Rodi menjelaskan, dalam mancing mania pihaknya menyediakan 1 kwintal lele yang disebarkan di salur air dekat rumah warga. Selanjutnya warga secara bersama-sama mengambil ikan dengan pancing.

“Kita buat acara yang menarik, mancing bersama di saluran air ke sawah depan rumah khusus warga RW 2 Desa Tambar. Per kepala keluarga iuran,” jelasnya, Sabtu (29/8/2020).

Dijelaskan, pihaknya tidak memberikan angka tertentu untuk iuran membeli ikan lele ini. Semua warga RW 2 yang terdiri dari 5 RT bisa ikut mengambil ikan secara beramai-ramai.

Alhasil, tua-muda, pria dan wanita ikut berhamburan duduk santai memancing di pinggir saluran air. Terlihat ada ratusan warga yang terlibat. Suasana semakin heboh saat beberapa orang ibu-ibu berhasil mendapatkan lele hasil memancingnya.

Saut-sautan suara pemancing membuat suasana mancing ini terasa lebih lengkap dan penuh kekeluargaan. Bahkan, ada beberapa keluarga yang semua anggotanya ikut memancing.

“Tidak boleh pakai alat selain pancing, itu syaratnya. Kita laksanakan di malam hari agar tidak panas dan antisipasi yang kerja di siang hari,” ungkapnya.

Rodi menambahkan, acara mancing mania berjalan meriah dan semua warga mendapatkan ikan lele. Antusias warga dalam mengikuti kegiatan cukup besar. Acara dimulai setelah salat Isya waktu setempat.

“Tujuannya untuk memupuk kekompakkan warga, guyup dan rasa kekeluargaan bertambah dengan acara mancing mania ini,” ungkap Rido.

Seorang warga setempat Purwanto mengatakan,  keluarganya berhasil menangkap lele dengan total 10 kilo gram.

Tidak hanya dia, warga lainnya juga mendapatkan lele cukup banyak dan merasa puas dengan acara tersebut.

“Anak-anak juga ikut mancing, pokoknya tidak rugilah buat acara ini. Terbayar semua dengan keasyikkan mancing bersama,” ceritanya.

Dia berharap acara serupa diadakan lagi di masa akan datang. Dikarenakan banyak masyarakat yang merasa terhibur dengan acara mancing mania ini. Kelelahan habis kerja terasa hilang saat asyik memancing ikan lele.

“Ini hiburan yang paling keren, selama ini warga jarang kemana-mana dan banyak di rumah,” tandasnya.

 

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait