Rapat Keluarga Sudah Siapkan Pengganti Gus Sholah Sejak 2016 Silam

Gus Sholah. Foto : Ist
  • Whatsapp

DIWEK, KabarJombang.com –  Sosok pengganti KH Salahuddin Wahid alias Gus Sholah, menurut saudara kandungnya, KH Umar Wahid telah dipersiapkan sejak tahun 2016 silam. Pernyataan ini disampaikan adik sekaligus dokter pribadi Gus Dur pada peringatan tujuh hari wafatnya Gus Sholah.

“Untuk pengganti mendiang Gus Sholah sebagai pengasuh pesantren Tebuireng sudah disiapkan sejak 2016,” tandas Kiai Umar, sabtu (8/2/2020) malam. Penunjukkan ini, menurut Kiai Umar juga telah melalui proses musyawarah keluarga.

Baca Juga

“Januari 2016, beliau telah menunjuk salah satu dari generasi keempat pesantren Tebuireng, sementara Gus Sholah sendiri merupakan generasi ke tiga. Yang ditunjuk adalah KH. Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin, sebagai wakil beliau dan tentunya insyaallah akan menjadi pengasuh menggantikan beliau,” terang dia.

Dalam kesempatannya, Gus Kikin menyebut pesantren Tebuireng selama ini telah berkembang pesat, khususnya di dunia pendidikan. Di tangan Gus Sholah pula menurut dia, pesantren Tebuireng berhasil membuka puluhan cabang yang tersebar se Indonesia.

“Pesantren Tebuireng harus mampu dalam berperan aktif dalam menjagaan keutuhan bangsa, ini merupakan cita cita Gus Sholah sejak terdahulu yang harus bisa kita wujudkan dan lanjutkan,” pungkas Gus Kikin. (M.Choirur Rojikin)

INSTAGRAM

Berita Terkait