Rangkaian HUT Ke 30 Tahun, Perumdam Jombang Lakukan Konservasi Alam

Kegiatan Konservasi Alam, oleh Perumdam Tirta Kencana, Jombang. (Foto: Daniel).
  • Whatsapp

BARENG, KabarJombang.com – Tepat pada bulan November, Perumdam (Perusahaan Umum Daerah Air Minum) menggelar berbagai acara untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 30 Tahun.

Dalam usia yang sudah 3 dekade itu, Perumdam mengambil tema ‘Konservasi Alam’ dengan menggandeng beberapa desa untuk melakukan penanaman pohon guna menjaga dan melestarikan sumber mata air. Diantaranya adalah Desa Ngampungan, Kecamatan Bareng, Jumat (13/11/2020) serta Desa Plandi, Kecamatan Jombang, dan Desa Jatigedong, Kecamatan Ploso, pada Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga

Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Jombang, Perumdam memegang prinsip pengelolaan air minum berbasis 3K yakni Kualitas, Kuantitas, dan Kontinuitas.

Perumdam Tirta Kencana Jombang, berupaya untuk menjadi Perusahaan Daerah yang unggul dan modern dan selalu siap bersinergi untuk Jombang yang Berkarakter dan Berdaya saing (Berkadang).

Saat ini juga Perumdam Tirta Kencana telah meluncurkan aplikasi layanan android yang tersedia di playstore untuk mempermudah dan mempercepat layanan pada pelanggan.

Tepat pada Jumat (13/11/2020) Perumdam Tirta Kencana menggelar acara Konservasi Alam di sumber mata air Ubalan di Desa Ngampungan, Kecamatan Bareng.

Direktur Perumdam Tirta Kencana Jombang, Khoirul Hasyim mengatakan, kegiatan konservasi alam dilakukan dengan menggandeng Pemerintah Desa setempat untuk merawat sumber mata air dan jaringan yang ada baik yang dimiliki Perumdam Tirta Kencana maupun Pamkimnas Desa Ngampungan.

“Dengan kegiatan konservasi seperti ini, yang kami lakukan, semoga dapat menjadi jembatan kita lebih dekat dan menjalin silaturahmi,” ungkapnya.

Dalam acara yang bertema “Konservasi Alam, Sinergi Untuk Jombang Berkarakter dan Berdaya Saing” dengan slogan tandang atau kerja terdapat rangkaian acara tasyakuran dan penanaman pohon.

Acara tasyakuran dan tumpengan itu, dilakukan tepat di mata air sumber ubalan, diawali dengan sambutan Direktur Perumdam, Kepala Desa Ngampungan, serta dilakukan doa bersama, kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon.

“Ini kita melakukan penanaman pohon guna untuk konservasi air tanah. Karena kalau tidak ditanami pohon anak cucu kita nanti tidak kebagian air,” beber Direktur Perumdam.

Pohon yang ditanam antara lain yakni pohon trembesi. Menurut Khoirul Hasyim dipilihnya jenis pohon trembesi karena salah satu pohon terbaik yang mampu menyimpan air.

“Penanaman hari ini yang sudah dilakukam ada 10 bibit pohon trembesi, selanjutnya bibit juga akan kami serahkan ke warga sekitar untuk ditanam di sekitar sumber air Ubalan. Total ada sekitar 1.600 bibit yang sudah kami siapkan untuk disebarkan ke Ploso dan Plandi.” tandasnya.

Sementara Kepala Desa Ngampungan, Rohan, mengatakan, program Perumdam Tirta Kencana sejalan dengan program Desa Ngampungan sehingga menghasilkan sinergitas yang baik.

“Dengan kerjasama ini dilakukan konservasi penanaman pohon. Sesuai instruksi dari Bupati Jombang yang mana harus ada kegiatan penanaman pohon di dekat sumber. Saya juga ucapkan terima kasih kepada petani yang bersedia lahannya ditanami pohon,” bebernya.

Rohan, berharap kerja sama ini dapat berjalan secara kontinyu sehingga konservasi alam dapat berjalan secara maksimal.

“Tentunya juga, pihak Perumdam dapat mengecek lokasi bagaimana pertumbuhan bibit yang sudah ditanam, apakah sudah tumbuh besar, apakah kurang pupuk, dan lain sebagainya. Sehingga konservasi ini dapat berjalan sesuai dengan program,”pungkasnya.

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait