Puluhan Pengemis Mendadak Banjir di Alun-alun Jombang

Para pengemis membanjiri Alun-alun Jombang, memanfaatkan momen hari raya Idul Fitri. (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Puluhan pengemis nampak berjejer di sekitar Alun-alun Kabupaten Jombang, Minggu (25/6/2017) pagi. Bukan tanpa alasan, mereka terlihat memanfaatkan momentum sholat Idul Fitri yang dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Mukminin.

Pasalnya, ratusan warga yang berada di Kecamatan Jombang Kota, tampak akan melaksanakan di masjid milik pemerintah daerah ini. Banyaknya warga yang akan melaksanakan sholat, diprediksi menjadi pemicu membludaknya pengemis.

“Mungkin mereka melihat bahwa akan banyak orang yang sholat disini sehingga memilih mengemis di lokasi sekitar masjid,” terang Muklis (45) salah satu warga yang akan melaksanakan sholat ied di lokasi.

Pantuan di lokasi, setidaknya ada 30 lebih pengemis yang berada di sekitaran Alun-alun. Seperti yang terlihat di depan SMKN 2 Jombang. Di kawasan ini, nampak 5 pengemis berjejer rapi menunggu warga yang melintas. Alhasil, mereka saling berebut meminta kepada warga. Sementara di lokasi tak jauh dari situ, mereka tak hanya berjejer. Mereka juga berjalan keliling di tengah-tengah jamaah sholat Id.

“Sebenarnya tidak masalah, namun jika terlalu banyak, ya jadi susah juga,” terang Sukron (35) warga lain.

Sementara itu, Kasi Trantib Satpol PP Kabupaten Jombang ketika dikonfirmasi media ini membenarkan adanya fenomena tersebut. Menurutnya, mereka memang sengaja datang untuk mendapatkan uang lebaran dari Bupati Jombang.

“Banyak, biasanya ada amplopan dari Pak bupati untuk para pengemis pas hari raya begini” terangnya.

Sekedar diketahui, Sholat Idul Fitri yang dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Mukminin, dimulai sekitar pukul 07. 00 WIB. Juga diikuti jajaran Forum Kominikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jombang, seperti Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, Dandim 0814, dan Kapolres Jombang AKBP Agung Marlianto. (aan/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here