by

Puluhan Kios Belakang Pasar Legi Terbakar, Pedagang Terancam Tak Dapat Kompensasi

KABARJOMBANG.COM – Puluhan kios pedagang yang ludes terbakar, di belakang Pasar Legi atau di Jalan Seroja, Jombang, akhirnya dikunjungi Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, Senin (18/3/2019).

Datang bersama rombongan, Bupati Mundjidah didampingi sejumlah pejabat Pemkab Jombang, memantau kondisi pasca terjadinya kebakaran, serta mengunjungi para pedagang serta warga sekitar.

Dalam kunjungannya itu, Bupati Mundjidah mengatakan belum berani memastikan, apakah ada kompensasi atau tidak kepada para pedagang yang terkena musibah kebakaran tersebut. Alasannya, kios yang berada di belakang Pasar Legi itu, tidak dikelola oleh Pemkab.

“Kita akan koordinasikan dulu. Karena lahan yang digunakan ini adalah milik PT KAI (Kereta Api Indonesia). Ini dulu stasiun. Kemudian pengelolaannya BUMDesa (Badan Usaha Milik Desa). Untuk kompensasi sepertinya tidak ada,” ujar Mundjidah.

Sebelumnya, lanjut Bupati, ada wacana untuk relokasi pedagang yang ada di Jalan Seroja tersebut ke Pasar Tembelang yang sudah dibangun. Namun, para pedagang menolak tawaran tersebut dan memilih bertahan di belakang Pasar Legi. Alasannya, pasar di Tembelang relatif sepi pengunjung.

Soal apakah para pedagang tersebut direlokasi ke Pasar Tembelang pasca kebakaran, Bupati juga belum berani memberi kepastian.

“Untuk relokasi pedagang pasca kebakaran ini, masih akan kita koordinasikan dengan pihak-pihak terkait, termasuk melibatkan paguyuban. Termasuk ganti rugi, kan ada asuransi juga. Sekali lagi, masih akan kita koordinasikan lebih lanjut. Intinya, kami ingin menata pasar ini dengan baik,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan kios pedagang yang berada di belakang Pasar Legi atau Jalan Seroja, Jombang, luluh-lantak dilalap si jago merah, Minggu (17/3/2019) tengah malam, sekitar pukul 23.45 WIB. Api kemudian berhasil dipadamkan sekitar satu jam setengah kemudian.

Kebakaran tersebut, melahap sedikitnya 30 kios pedagang. Diantaranya kios pedagang buah, gerabah, sayur-mayur, kelapa, serta warung kopi. Beruntung, tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. (nas/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya