Proyek Box Culvert di Belakang RSUD Jombang Bulan Ini Masuk Tahap Lelang

Saluran air di pinggir tepi Jalan Adityawarman yang akan ditutup dengan box culvert.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang membangun Box Culvert yang diperkirakan mencapai 1,2 KM di Jalan Adityawarman, Kepanjen, Jombang, Jawa Timur, segera masuk tahap lelang.

Kira-kira bulan ini, masih mempersiapkan dokumen lelang,” Ucap Kabid SDA Dinas PUPR Jombang Busthomi kepada KabarJombang.com, Senin (24/2/2020).

Baca Juga

Pemkab Jombang, kata Busthomi, sesegera mungkin harus sudah mengantongi izin pemanfaatan saluran dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas.

Dikatakannya pemerintah menawarkan dua alternatif kepada BBWS dalam peluasan jalan ini. “Pertama meminta saluran Rejoagung 4A dihibahkan ke Pemerintah Jombang. Kedua hanya izin pemanfaatan saluran saja,” kata dia.

Lanjut, Karena hibah tidak boleh setengah-setengah dan harus seluruh daerah irigasi yang sangat luas maka yang diberikan hanya izin pemanfaatan.

“Tidak mungkin mengelola itu. Bisa melanggar U, takutnya dikira kita kemarin minta hibah secara keseluruhan. Itu tidak mungkin karena luasnya 17 ribu hektar,” katanya

Mereka sudah paham, 1,2 KM saja yang kita pakai. Namun, akadnya dimanfaatkan tanpa dihibahkan. Tambah Busthomi.

Ia juga menjelaskan mekanisme izinnya, yaitu rekomendasi dari BBWS Brantas. Kemudian dikirim ke kementrian lalu kementrian yang nantinya berhak mengeluarkan izin.

Menurut Busthomi, BBWS sudah tidak mempermasalahkan lagi terkait izin. Sehingga proses lelang bisa dilakukan segera.

Pihaknya sampai saat ini masih menunggu bukti real izin pemanfaatan dari BBWS secara fisik dalam bentuk surat menyurat akan segera turun.

Namun, sebelumnya Pemkab Jombang diminta melakukan presentasi terkait SOP pemeliharaannya.

“Mereka menjanjikan tidak sampai satu bulan, disuruh melanjutkan dulu saja, nanti saat tanda tangan kontrak sudah turun dengan kelengkapan administrasi. Setelah kita membentuk tim maka kita presentasi,” pungkasnya.

Pembangunan Proyek Box Culvert ini sberada di belakang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang. Konsep yang direncanakan oleh pemerintah yaitu membangun box culvert di atas saluran Rejoagung 4A.

Dalam perencanaan, proyek Box Culvert ini diharapkan dapat mengurai kemacetan yang sering terjadi di area tersebut.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait