Rawan Kekeringan, Kepala Desa di 7 Kecamatan Diminta Kirimkan Surat Bantuan

KABARJOMBANG.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, menghimbau kepada Kepala Desa (Kades) di 7 kecamatan untuk mengirimkan surat kepada pihaknya. Surat yang dimaksud ialah surat permohonan permintaan bantuan air bersih atas kerawanan kekeringan di desanya masing-masing.

“Kita meminta agar Kepala Desa (Kades) mau mengirimkan surat bantuan kepada kita, jika ada kekeringan yang melanda desanya,” terang Gunadi, Kasi Penanggulangan dan Kesiapsiagaan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana) Jombang, Rabu (26/7/2017).

Sebab, dari data yang dikantonginya, saat ini ada tujuh kecamatan di Kabupaten Jombang yang rawan dilanda musibah kekeringan. Diantaranya, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Ngusikan, Kudu, Kecamatan Plandaan, dan Kecamatan Bareng, Kabuh, serta Kecamatan Megaluh.

“Memang untuk saat ini, belum ada laporan yang mengalami kekeringan. Namun ada tujuh kecamatan yang rawan,” lanjutnya.

Selain itu, peta kekeringan yang melanda Kabupaten Jombang setiap tahun mengalami perubahan. Pasalnya, adanya pembangunan pengeboran terhadap wilayah-wilayah kekeringan sebelumnya, sedikit demi sedikit sudah dilakukan.

“Termasuk pipanisasi hasil pengeboran yang sudah dilakukan,” pungkasnya. (aan/kj)

Leave a Comment
Share
Published by
Arief Anas