Peringati Nuzulul Qur’an, Ratusan Napi di Jombang Ngaji Bareng

Ratusan Narapidana di Lapas II B Kabupaten Jombang saat Ngaji Bareng untuk Peringati Nuzulul Qur’an. (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Peringati Nuzulul Qur’an, ratusan warga binaan di Lapas II B Kabupaten Jombang, menggelar ngaji bareng, Selasa (20/6/2017) malam.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 624 warga binaan dikeluarkan dari kamar tahanan untuk bisa mengikuti pengajian serentak. Tak ayal, suasana pakaian serba putih terlihat di dalam lapas yang berlokasi di Jalan Wahid Hasyim Kecamatan/Kabupaten Jombang.

Kepala Lapas II B Jombang, Nur Ahmadi mengatakan, bahwa kegiatan tersebu dilakukan untuk memberikan siraman rohani kepada warga binaan yang sedang menjalani proses hukum,

“Ini bagian dari kegiatan lapas untuk melakukan pembinaan kepada penghuni lapas dalam menjalani kehidupanya didalam lapas,” terangnya.

Selain itu, lanjut Nur Ahmadi, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk memberikan pengalaman spritiual kepada warga binaan yang menghadapi proses hukum yang dijalaninya.

“Ini juga untuk memberikan pengalaman spritual kepada warga binaan, dimana di saat mereka sudah bebas dari lapas, bisa menjadikan momentum ini untuk mereka terapkan di kehidupan selanjutnya,” sambung Nur Ahmadi.

Ratusan napi tampak antusias mengikuti kegitaan ngaji bareng tersebut. Ini terlihat ketika KH Nur Hadi alias Mbah Bolong memberikan pertanyaan seputar agama kepada warga binaan.

Tawa riuh muncul dari ratusan warga binaan saat Mbah Bolong memberikan hadiah sejumlah uang kepada warga binaan yang bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkannya. “Siapa yang bisa menjawab pertanyaan saya, maka akan mendapatkan imbalan,” katanya.

Alhasil, tawaran tersebut membuat antusias warga binaan meluap. Seperti yang diungkapkan Soni (23) salah satu warga binaan yang ikut dalam kegiatan tersebut. “Kita sangat menikmati kegiatan semacam ini. Sebab, ini merupakan sebuah hiburan bagi kami yang sedang menjalani proses hukum,” katanya saat ditemui di lokasi. (aan/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here