Pastikan Keamanan, Perbaikan Rel Jadi Rutinitas PT KAI

Sejumlah petugas perbaikan rel, saat melakukan perawatan di rel Stasiun Peterongan Jombang. (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Perbaikan rel kereta api terus dilakukan PT KAI di jalur kereta Daop 7 Madiun. Seperti yang terlihat di kawasan Stasiun Peterongan Jombang. Di lokasi ini, tampak sejumlah petugas melakukan perbaikan terhadap bantalan rel kereta api (KA).

Tak ayal, beberapa alat pengganti bantalan rel serta pergantian batu kricak terlihat tergeletak di lokasi perbaikan.

Menurut Supriyanto, Manager Humas PT KAI Daops 7 Madiun, perbaikan tersebut dilakukan secara rutin untuk memberikan keselamatan serta kenyamanan saat kereta api lewat.

“Tak hanya itu, ini juga merupakan persiapan menjelang angkutan lebaran 2017 nanti,” terangnya saat dihubungi KabarJombang.com, Selasa (30/5/2017).

Perbaikan lain dilakukan pihaknya, seperti pengecekan pada wesel-wesel di stasiun, serta pemeriksaan jembatan dan jalur yang ada di dekat aliran sungai. Sebab untuk perawatan dilakukan secara terus dan bergeser. Sehingga seluruh jalur tetap dilakukan perawatan. “Untuk perawatan jalur kereta api dilakukan rutin,” sambungnya.

Tetapi untuk perbaikan, lanjut Supriyanto, dilakukan apabila ada laporan adanya indikasi kerusakan pada jalur kereta. Semisal, Petugas Penilik Jalan yang berjalan antar stasiun melihat ada rel retak, atau bantalan rel yang rusak, maka akan segera dilakukan perbaikan.

“Atau juga bisa berdasarkan laporan dari Masinis yang KA-nya yang melintas dan merasa ada kejanggalan, seperti hentakan keras, akan segera dilakukan perbaikan. Berdasarkan laporan itulah kita melakukan perbaikan,” pungkasnya. (aan/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here