Pastikan Keamanan, Armada Pengangkut Pemudik Dicek Petugas Gabungan

Petugas gabungan saat melakukan razia angkutan umum di Terminal Kepuhsari, Jombang. (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Peningkatan sejumlah keamanan bagi pemudik terus dilakukan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jombang, Rabu (21/6/2017).

Seperti yang dilakukan petugas gabungan dari Satlantas dan Dishub Jombang saat melakukan pengecekan armada pengangkut mudik di Terminal Kepuhsari, Desa Keplaksari Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

Hasilnya, dari pemeriksaan yang dilakukan, petugas melakukan tindakan tilang kepada satu armada bus yang diketahui masih menggunakan ban kendaraan yang tipis. Tindakan itu terpaksa dilakukan petugas sebagai bentuk ketegasan, agar pemilik bus segera melakukan penggantian demi keselamatan pengguna angkutan umum.

“Ada satu angkutan yang ditilang. Ini karena ban kendaraan mengalami susut akibat penggunaan melebihi batas aturan ban. Sehingga ban mengalami keausan dan semakin menipis. Dan armada bisa dikatakan mengalami penurunan kelayakan,” terang Imam Sudjianto, Kepala Dishub Kabupaten Jombang, saat ditemui di lokasi.

Selain kondisi ban kendaraan, beberapa pemeriksaan juga dilakukan petugas, diantaranya kondisi kaca, dan perlengkapan armada bus lainnya. Kelengkapan surat-surat kendaraan, juga tak luput dari pemeriksaan petugas gabungan.

“Pengecekan ini kami lakukan sebagai langkah pengamanan mudik Lebaran. Sehingga bisa dipastikan armada bus yang memuat pemudik itu layak digunakan,” pungkas Imam. (aan/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here