Pasca Tapa Brata, Umat Hindu di Jombang Gelar Upacara Ngembak Geni

Ratusan umat Hindu di Kabupaten Jombang, menggelar upacara Ngembak Geni, di Pura Amerta Buana, Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Jombang, Minggu (18/3/2018). (FOTO: AAN)
  • Whatsapp

KABARJOMBANG.COM – Setelah 24 jam melaksanakan Catur Brata Penyepian dan berpuasa, ratusan umat Hindu di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menggelar upacara Ngembak Geni, di Pura Amerta Buana, Desa Rejoagung, Kecamatan Ngoro, Jombang, Minggu (18/3/2018) pagi.

Upacara ini merupakan penutup dari rangkaian ibadah Nyepi yang kemudian dilanjutkan dengan saling bermaaf-maafan. Mereka menggelar ritual Ngembak Geni, yakni ritual untuk mengakhiri Catur Brata Penyepian yang telah dilakukan sejak Sabtu (17/3) pagi kemarin.

Baca Juga

Dalam upacara tersebut, mereka melakukan persembahyangan di dalam Pura. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan saling bermaaf-maafan, seperti halnya umat Islam saat merayakan hari raya Idul Fitri.

Tokoh umat Hindu Jombang, Sukirno mengatakan, setelah 24 jam menjalankan tapa brata penyepian, yakni amati leluangan atau tidak bepergian, amati lelaungan atau tidak bersenang-senang, amati geni atau tidak menyalakan api dan amati karya atau tidak bekerja.

“Ritual ini diharapkan, hari ini dan di masa yang akan datang, mereka akan menjadi pribadi yang suci,” ungkapnya. (aan/kj)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.