Pasar Tradisional di Jombang Jadi Sasaran Rapid Test Massal

Pedagang saat menjalani rapid test
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com-Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jombang menggelar rapid test massal di sejumlah pasar tradisional Jombang, Sabtu (16/5/2020).

Tujuannya sebagai deteksi dini penyebaran Covid-19 di Jombang.Selain pedagang, juru parkir juga menjalani rapid test.

Baca Juga

Pasar-pasar yang jadi sasaran adalah pasar Tunggorono, Pasar Pon, Pasar Citra Niaga, Pasar Peterongan, serta Pasar Ploso.

Koordinator Bidang Pencegahan GTPP Covid-19 Kabupaten Jombang, Agus Purnomo mengungkapkan rapid test dilakukan agar dapat mengetahu mana yang nonreaktif dan reaktif covid-19.

“Di pasar banyak orang yang interaksi. Kami lakukan rapid test di sejumlah pasar tradisional, guna screening awal, deteksi dini dan pemetaan, yang tujuan akhirnya memutus mata rantai persebaran covid-19,” kata Agus Purnomo.

Rapid test kali ini dikhususkan kepada pedagang pasar yang toko atau lapaknya yang banyak dikunjungi pembeli.

Kecuali para pedagang, juru parkir juga menjadi sasaran rapid test, karena banyak melakukan interaksi dengan orang lain.

“Jadi kita melihat kondisi pasar yang terjadi kerumunan warga, dan yang kedua kita melihat di pasar banyak penjual berinteraksi dengan pembeli,” katanya.

Terkait hasil dari kegiatan rapid test, apakah reaktif atau nonreaktif, bukan kewenangannya, melainkan kewenangan dari Dinas Kesehatan.

“Untuk hasilnya belum diketahui, sedang berjalan (rapid test). Hasiol tentu menunggu dari Dinas Kesehatan. Sabar ya, semoga nonreaktif semua,” tandasnya.

Kalaupun ada yang hasilnya reaktif, akan di tes swab dan mereka diminta menjalani isolasi sambil menunggu hasil laboratorium. Sebab, sambungnya, reaktif rapid test belum tentu positif terinfeksi corona.

INSTAGRAM

Berita Terkait