Minum Kopi Hitam Sebelum Olahraga Banyak Manfaatnya

Secangkir kopi hitam (foto : Istimewa)
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Siapa yang tidak tertarik dengan satu minuman favorit banyak orang ini. Ya, kopi hitam adalah favorit minuman banyak digandrungi yang biasanya disandingkan dengan cemilan di pagi, sore, dan malam hari.

Kopi yang syarat akan kandungan cafein mampu membuat setiap orang yang meminumnya akan merasakan ketenangan. Selain itu untuk sebagian orang kopi bisa digunakan sebagai penahan kantuk disaat harus melek di malam hari.

Baca Juga

Jauh dari itu semua, siapa sangka jika kopi hitam mempunyai manfaat yang tidak banyak orang ketahui. Berikut ini beberapa penjelasan yang akan membahas manfaat kopi hitam saat diminum sebelum melakukan olahraga.

Minum secangkir kopi hitam tanpa gula sebelum berolahraga ternyata mampu membangkitkan energi. Tak hanya itu, kebiasaan ini juga punya manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh.

– Mempercepat pembakaran lemak

Mengonsumsi kopi sebelum olahraga bisa membuat sel-sel lemak yang ada di dalam tubuh berguna sebagai sumber energi melawan glikogen.

Jumlah kafein yang tinggi dalam kopi hitam juga meningkatkan metabolisme yang membuat pembakaran kalori lebih banyak.

Selain itu, kafein dan senyawa lain yang ditemukan di dalam kopi mampu menekan nafsu makan.

– Meningkatkan fokus

Kopi memang mampu meningkatkan fokus bukan hanya saat berolahraga, tapi juga dalam kegiatan lainnya. Namun fokus saat berolahraga sangat diperlukan agar mendapat hasil yang lebih maksimal dan efektif.

– Mengurangi nyeri otot

Temuan ini didapat lewat penelitian di University of Illinois, yang mana mengungkap bahwa seseorang yang mengonsumsi kopi sebelum olahraga akan terhindar dari nyeri otot, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kafein.

Namun, setelah berolahraga tetap dianjurkan untuk minum air putih dan cakupan nutrisi yang baik agar tidak sampai dehidrasi.

 

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait