Menyambut HUT RI ke-75, Gelar Lomba Sambit Layangan

Suasana lomba sambit layangan di Desa Plemahan, Sumobito. (Ft: Jajang).
  • Whatsapp

SUMOBITO, KabarJombang.com – Dalam rangka menyambut HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Warga Dusun Mojodadi, Desa Plemahan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, menggelar lomba sambit layangan atau adu layang-layang.

Lomba ini diadakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (8-9/8/2020) di area persawahan sebelah selatan desa setempat. Peserta diwajibkan membawa benang sendiri dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 10 ribu, sedangkan untuk layang-layang disediakan panitia.

Baca Juga

Panitia perlombaan Abdul Muid menjelaskan, kegiatan ini digelar untuk menyambut HUT RI ke-75 dan untuk melestarikan permainan tradisional khususnya layangan.

Selain itu juga untuk menjalin kebersamaan serta hiburan buat warga masyarakat sekitar.

“Kami memilih lomba tradisional ini, karena murah dan dapat diikuti semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa,” kata Abdul Muid, Sabtu (8/8/2020) sore.

Dalam lomba ini, animo peserta sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya yang datang dari luar desa untuk mengikuti lomba tersebut. Selain itu, banyaknya warga yang menyaksikan dan para pedagang makanan dan minuman yang berjualan membuat suasana menjadi meriah

“Antusiasme lomba ini luar biasa karena dibuka untuk umum, ada seratus peserta yang mengikuti lomba sekitar 70% peserta warga sini dan sisanya dari luar desa,”imbuhnya.

Sedangkan ketentuan lomba, lanjutnya, peserta harus membawa benang ori gelasan toko, dengan sistem gugur. Layangan yang putus duluan dinyatakan kalah dan harus menggunakan sistem ulur  tidak boleh bandangan.

“Layangan kita yang menyediakan, dengan kombinasi warna merah dan putih karena ini menyambut hari kemerdekaan. Untuk hadiah kami sediakan ratusan ribu untuk juara satu, dua dan tiga,” pungkas Abdul Muid.

INSTAGRAM

[iscwp-slider username="kabarjombangdotcom" dots="false" limit="5" popup="true" popup_gallery="false" show_likes_count="false" instagram_link_text="Ikuti Instagram"]

Berita Terkait