Mbak Estu: Membumikan Pancasila, Salah Satu Cara Menangkal Radikalisme

Seminar Kebangsaan bersama di gedung pertemuan DPC PDI Perjuangan Jombang dengan narasumber Hj Sadarestuwati.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Guna memnimalisir penyebaran radikalisme yang diyakini semakin massif, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Hj Saderestuwati mengajak untuk membumikan Pancasila.

Hal ini ia sampaikan saat Seminar Pimpinan Badan Anggaran oleh Alat Kelengkapan MPR RI di Kantor DPC PDIP Kabupaten Jombang. Dalam penyampaiannya, ia mengatakan Pancasila merupakan perjanjian luhur.

Baca Juga

“Pancasila merupakan perjanjian luhur Bangsa Indonesia melalui para Founding Fathers, sesungguhnya digali dari budaya Indonesia,” kata Mbak Estu, begitu Anggota DPR RI ini akrab disapa, pada seluruh peserta.

Sedangkan radikalisme, lanjut Mbak Estu, adalah paham yang bukan budaya Indonesia. Makanya, cara paling ampuh untuk menangkal radikalisme yakni dengan mengembalikan budaya luhur bangsa Indonesia dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dikatakannya, Indonesia memiliki banyak budaya luhur yang sudah diterapkan dalam kehidupan berbangsa. “Sebab budaya Indonesia dikenal dengan keimanan, kesantunan, kekerabatan, gotong royong, saling menghargai, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan keadilan, musyawarah mufakat untuk membuat keputusan,” jelasnya.

Berlandaskan itu, pihaknya meyakini nilai-nilai Pancasila bisa dipahami lebih baik lagi. Tentunya dengan sikap menghargai dan gotong-royong menangkal radikalisme.

Sebagai informasi, seminar ini dihelat di gedung pertemuan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jombang, pukul 13.00 hingga 16.00 WIB. Dengan mengusung tema “Menangkal Radikalisme dengan Membumikan Pancasila”.

Seminar ini digelar bersamaan dengan seminar dengan tema lain yang terbagi menjadi tiga sesi dalam sehari.

INSTAGRAM

Berita Terkait