by

Lawan Diabetes, Ratusan Warga Ikuti Senam Diabetes di RS Moedjito Jombang

KABARJOMBANG.COM – Sebanyak 200 orang mengikuti Senam Diabetes yang digelar di halaman Rumah Sakit Umum (RSU) dr Moedjito Dwidjosiswojo, Jl Hayam Wuruk Jombang, Minggu (21/1/2018) pagi, sejak pukul 05.30 hingga 08.00 WIB.

Kegiatan yang pesertanya didominasi oleh ibu-ibu ini merupakan kerjasama dengan Diabetasol, produk susu diabetes dari Kalbe Nutritional. Dari 200 peserta senam ini berasal dari anggota klub senam diabetes binaan RSU Moedjito, serta sejumlah rumah sakit di wilayah Jombang, maupun masyarakat umum.

Dr Fadilla Delima Sandi, salah satu dokter di RSU Moedjito mengatakan, kegiatan senam diabetes sejatinya rutin dihelat pihak RSU Moedjito setiap hari Sabtu pagi, dan selalu diikuti oleh 100 peserta tetap. Ini merupakan bentuk komitmen RSU Moedjito yakni perang melawan penyakit diabetes.

“Kebetulan Diabetasol melakukan roadshow di wilayah Jombang. Hingga bekerjasama dengan kami yang sudah memiliki klub senam diabetes,” ungkap dokter Ima, begitu ia biasa disapa.

Menurutnya, gaya hidup yang kurang sehat, menjadi satu penyebab utama diabetes. Seperti kebanyakan mengonsumsi gula, kurang berolah raga, dan pola makan yang buruk.

“Sebagai penyakit tidak menular, diabetes nyaris tidak bisa disembuhkan, tapi dapat dicegah atay dikendalikan dengan menjaga pola makan dan rajin berolah raga. Penderita diabetes tetap bisa makan enak, tapi harus sesuai takaran dan rajin berolah raga,” ujar dokter berkacamata ini.

Ibu Jumilan, salah satu peserta senam diabetes mengaku senang dan merasa terbantu dengan kegiatan tersebut. Menurutnya, olah raga senam ini menjadi salah satu upaya mengendalikan diabetes.

“Baru ini ikut senam disini. Meski saya tidak memiliki diabetes, tapi saya senang mengikuti senam seperti ini, biar selalu sehat. Ini tadi saya juga cek gula darah. Kedepan, harapan saya kegiatan ini perlu ditingkatkan, agar pesertanya lebih banyak,” ungkap warga Kepanjen, Kecamatan/Kabupaten Jombang ini.

Selain senam diabetes dan pengecekan kadar gula darah pada tubuh peserta senam, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan bagi-bagi hadiah utama dan doorprize. Selain itu, juga diselingi dengan lomba tradisional “Nyunggi Tempeh” yang diikuti peserta senam maupun beberapa dokter RSU Moedjito. (rief/kj)

Aktivitas senam diabetes di RSU Moedjito, Jl Hayam Wuruk, Jombang. (FOTO: RIEF)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya