Kurban Ramah Lingkungan, POJ dan KarTa Bagikan Daging Kambing Pakai Daun Jati

Anggota komunitas POJ dan KarTa menyiapkan daging kurban di atas daun jati sebelum dibagikan.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Merespon imbauan tak menggunakan plastik saat berbagi kurban, komunitas Paguyuban Otomotif Jombang (POJ) serta Karang Taruna (Karta) di Kabupaten Jombang, membagikan daging kurban menggunakan daun jati.

“Agar tidak menambah sampah platik yang tidak ramah lingkungan, daging yang dibagikan dibungkus dengan daun jati,” kata Arie Bagus Setiawan, koordinator acara kurban di event ‘Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi’, Sabtu (1/8/2020).

Baca Juga

Menurutnya, meski sederhana mempraktikkan kebiasaan ramah lingkungan dan mensosialisasikan kepada masyarakat itu berat. Kita, menurutnya, terlanjur nyaman dengan hal-hal praktis.

“Syukur, dalam pembagian daging kambing ini kami bisa mempraktikkan membungkus daging kurban dengan bahan alami yaitu daun jati. Daging itu dibagikan ke beberapa tempat, ada yang di masjid, panti asuhan, serta ada yang langsung ke warga,” terang dia.

Ada 379 komunitas dari 42 kota yang ikut meramaikan ‘Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi’ itu. Lebih dari 15 ribu anggota dari komunitas besar seperti Bold Riders dan Heppiii Community ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang baru pertama kali itu.

Sementara, Karang Taruna (KarTa) yang tergabung dalam Heppiii Community, juga mengirimkan kambing untuk dibagikan di Desa Ploso Geneng Jombang. Ada sembilan KarTa yang ikut terlibat dalam kegiatan ini. Sedangkan POJ menyerahkan kambing kurban ke sejumlah desa di Jombang.

Kegiatan berbagi itu dilakukan oleh 38 komunitas otomotif yang tergabung di POJ. Dari komunitas motor itu, di antaranya merupakan bagian dari Bold Riders Jombang.

“Jadi anggota dari Bold Riders juga bagian dari POJ yang jadi induk komunitas motor di Jombang,” jelas Arie Bagus Setiawan.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait