KH Aziz Masyhuri, Pengasuh Ponpes Al-Aziziyah Denanyar, Berpulang

Jenazah saat usai dimandikan. (FOTO: RIEF)

KABARJOMBANG.COM – KH Aziz Masyhuri, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Aziziyah Denanyar Kabupaten Jombang meninggal dunia, Sabtu (15/4/2017).

Kiai Aziz merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) asal Jombang yang aktif menulis sejumlah buku. Beliau juga mantan Ketua Rabitah Ma’had Islamiyah (RMI).

Kabar duka tersebut pertama kali disampaikan oleh putra almarhum, yakni Muiz Aziz atau Gus Muiz. “Kiai Aziz Masyhuri wafat sekitar pukul 13.45 WIB,” ujar Gus Muiz.

Tentu saja, kabar tersebut cukup mengejutkan. Ucapan duka cita pun mengalir. Hingga malam, para pentakziah berdatangan ke rumah duka. Banyak kalangan merasa kehilangan atas meninggalnya menantu KH Bisri Syansuri itu.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya beliau. Saya menyaksikan wajah beliau yang teduh saat meninggal. Seperti orang tidur biasanya,” kata Zahrul Azhar As’ad, Pengasuh Ponpes Darul Ulum Rejoso Peterongan, Jombang saat takziah di rumah duka.

Gus Ahan juga mengatakan, Kiai Aziz merupakan sosok yang ‘entengan’. Ketika mendapat undangan dari siapapun, Kiai Aziz selalu menyempatkan diri untuk hadir.

Sementara Anas, seorang pentakziah mengenang sosok KH Aziz Masyhuri yang tidak membeda-bedakan kepada siapa pun yang datang sowan (berkunjung). Saat itu, cerita Anas, dirinya hadir sebagai peserta di acara bedah buku di Ponpes Al-Aziziyah, saat Muktamar NU digelar di Jombang, awal Agustus 2015 silam.

“Disela-sela acara, kami sempatkan sowan ke Kiai Aziz. Beliau menerima kami dengan sepenuh hati. Berbincang hangat. Tidak itu saja, kami juga dijamu makan. Padahal kami ini hanya warga biasa. Sungguh, beliau ini berhati agung. Kami merasa kehilangan beliau,” kenang Anas. (rief/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here