Air Kelapa Bahaya jika Diminum Tujuh Kelompok Orang Ini

Ilustrasi. (Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com-Meski memiliki banyak manfaat, ternyata ada kelompok orang yang tidak boleh minum air kepala.

Rasa haus luar biasa bisa langsung hilang berkat air kelapa. Air kelapa dikenal mampu menggantikan cairan tubuh dengan cepat karena kandungan elektrolitnya.

Baca Juga

Selain itu, air kelapa bisa menjadi penawar racun dan mengandung serat apalagi jika dikonsumsi bersama daging buahnya.

Kelompok yang tidak boleh minum air kelapa

Kelapa memang punya manfaat berlimpah. Namun, tak semua orang boleh minum air kelapa.

Jika Anda masuk golongan berikut, sebaiknya cari alternatif minuman lain.

1. Punya ‘tubuh dingin’

Kondisi tubuh dingin memiliki ciri tangan dan kaki mudah kedinginan atau terasa dingin. Pemilik tubuh dingin tidak disarankan minum air kelapa.

Air kelapa bersifat mendinginkan sehingga konsumsi berlebihan bisa mengganggu aktivitas metabolisme ‘yin dan yang’, melemahkan tubuh dan jadi gampang lelah.

2. Ibu hamil di trimester pertama

Kelompok yang tidak boleh minum air kelapa berikutnya adalah ibu hamil yang memasuki usia trimester pertama.
Pada tiga bulan pertama kehamilan, janin belum menempel kuat pada rahim. Air kelapa dapat mendinginkan tubuh dan memicu risiko keguguran.

Kehamilan trimester pertama juga biasa diwarnai dengan morning sickness. Konsumsi air kelapa bisa memperparah kondisi dengan memicu kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Penderita penyakit kardiovaskular

Penderita penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular lain sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi air kelapa.

Selain penderita penyakit kardiovaskular, mereka dengan penyakit diabetes, penyakit ginjal kronis, ketidakseimbangan elektrolit atau sensitif terhadap air kelapa juga perlu berkonsultasi dengan ahli.

4. Orang dengan alergi

Beberapa orang memiliki alergi dengan air kelapa. Kelapa pada dasarnya adalah kacang pohon dan bisa saja memicu alergi.

5. Orang dengan gangguan irama jantung

Punya masalah jantung? Hindari air kelapa.

Masalah jantung ini khususnya gangguan irama jantung. Minum air kelapa bisa mengakibatkan masalah detak jantung yang tidak beraturan.

6. Orang dengan cystic fibrosis

Cystic fibrosis merupakan kondisi lendir dalam tubuh menjadi lebih kental dan lengket. Penyakit ini juga menurunkan kadar sodium dalam tubuh.

Sementara air kelapa mengandung sodium dan kalium. Konsumsi air kelapa bisa mengakibatkan ketidakseimbangan sodium-kalium.

7. Orang yang akan menjalani operasi

Prosedur operasi memerlukan kondisi tubuh yang stabil, termasuk tekanan darah. Asupan air kelapa diketahui bisa mengganggu tekanan darah.

Demikian beberapa kelompok yang tidak boleh minum air kelapa. Konsultasikan dengan dokter untuk memastikan keamanan konsumsi air kelapa.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait