Kepala BNPT Kunjungi Tebuireng, Gus Kikin: ‘Sinergi Baik Tangkal Radikalisme di Lingkup Ponpes’

KH Abdul Hakim Mahfudz ketika sesi wawancara dengan sejumlah wartawan di gedung KH Yusuf Hasyim lantai 3 Ponpes Tebuireng, Jombang.
  • Whatsapp

DIWEK, KabarJombang.com – Silaturahmi kebangsaan Kepala BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) Republik Indonesia, Komjen Pol Boy Rafli Amar, ke Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Kecamatan Diwek, Kabuapten Jombang, Selasa (20/10/2020), disebut sebagai sinergitas apik oleh Pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz.

Kiai yang akrab disapa Gus Kikin ini mengatakan, menjadi sinergi baik, sebab Ponpes akan lebih mempelajari tentang ukhuwah, mempelajari bagaimana bersilaturahmi, mempertahankan dan menjaga kekerabatan.

Baca Juga

“Dari pelajaran tersebut kita bisa mengambil nilai bahwa banyak hal-hal yang dapat mencegah permusuhan, dan hal itu sangat mendasar dalam pelajaran agama,” ungkapnya.

Sinergitas antara Ponpes dengan BNPT, menurut Gus Kikin, dapat menghasilkan manfaat yang luas bagi bangsa Indonesia untuk menangkal paham radikalisme dan menumbuhkan rasa nasionalisme.

“Apabila pembelajaran yang sudah ditetapkan di Ponpes, dikonsepkan pengamalannya oleh sinergitas BNPT, maka akan semakin luas,” imbuhnya.

Gus Kikin menyadari, saat ini perkembangan zaman begitu sangat cepat, sehingga pihaknya harus benar-benar cepat untuk merespon dan memformulasikan nilai-nilai yang ada di pendidikan Islam, menjadi suatu konsep untuk diaplikasikan secara nyata di masyarakat.

Gus Kikin berharap, sinergitas ini dapat menghasilkan suatu konsep pencegahan terorisme dengan membangun adab, akhlak, dan ukhuwah Islamiyah yang Rahmatalil Alamin. “Semoga saja sinergi ini memberikan manfaat yang baik bagi kita semua,” tandasnya.

INSTAGRAM

Berita Terkait