by

Kemendikbud RI Tetapkan Jombang sebagai Kabupaten Literasi

KABARJOMBANG.COM – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI mengapresiasi upaya Kabupaten Jombang dalam meningkatkan minat baca bagi warganya, dengan menetapkan Jombang sebagai Kabupaten Literasi.

Upaya tersebut melalui Gerakan Jombang Membaca dan Pencanangan Gerakan Indonesia Membaca (GIM) tahun 2017 yang digelar di Desa Menturo, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Rabu (26/4/2017). Dan pada saat bersamaan, juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama penuntasan ikut Paud 1 (satu) tahun pra SD oleh para Camat se Kabupaten Jombang

Pencanangan GJM dan GIM dilakukan oleh Bupati Jombang yang saat itu diwakili oleh Wakil Bupati (Wabup) Jombang, dan disaksikan oleh Direktur Pembinaan Paud Kemendikbud RI, Ella Yulaelawati MA PhD, Kepala OPD lingkup Pemkab Jombang, Ketua TP PKK Kabupaten yang juga Bunda Paud Kabupaten Jombang, Pegiat Paud dan Dikmas se-Kabupaten Jombang.

Dalam sambutannya, Ella Yulaelawati mengaku gembira dan berterima kasih karena Kabupaten Jombang telah mencanangkan gerakan membaca untuk mensukseskan Gerakan Indonesia Membaca yang telah dicanangkan secara nasional. “Apalagi Jombang sebelumnya sudah mencanangkan program satu desa 1 perpustakaan. Ini sangat membanggakan dan luar biasa,” ungkapnya.

Sementara Wabup Hj Mundjidah Wahab mengatakan, sebagai Kabupaten literasi, pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan. Semisal ketersediaan perpustakaan setiap desa hingga kota, juga di Paud. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan perpustakaan keliling yang mampu mendatangi secara langsung tempat-tempat keramaian, seperti saat kegiatan Car Free Day (CFD) di Alun-alun.

Bunda Paud dan Bunda Baca Kabupaten Jombang, Tjaturina Wihandoko, menyambut positif Gerakan Indonesia Membaca di Kabupaten Jombang dan adanya komitmen Pemkab Jombang dalam mewujudkan Kabupaten Literasi.

Menurutnya, pencanangan GIM harus dibarengi dengan proses pembiasaan membaca dimasyarakat. “Kebiasaan membaca harus ditanamkan sejak dini, orang tua punya peran yang sangat penting menanamkan kebiasaan membaca sejak dini,” ujar istri Bupati Jombang Nyono Suharli ini.

Sebelum dicanangkan, serangkaian kegiatan pra GIM digelar, yakni menggiatkan kegiatan gemar membaca di 200 sudut literasi di satuan Paud (Kelompok Bermain dan TK), 7 Taman Bacaan Masyarakat yang tersebar di Kabupaten Jombang.

Selain itu, juga digelar Workshop Gemar Membaca dan Teknik Pembelajaran Seni bagi 400 guru Paud bersama om Sinung. Sarasehan pegiat literasi bagi 150 pelajar dan mahasiswa di kampus Unhasy dengan narasumber pegiat literasi dan budayawan dari Surabaya dan Jakarta. (kominfo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya