Categories: Jurnalisme Warga

Idul Adha, MI Al-Hikmah Gelar Takbir Keliling

NGANJUK (kabarjombang.com) – Lebih dari 80 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hikmah, Dusun Grogol, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, menggelar takbir keliling, menyambut hari raya Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1436 H, Rabu (22/9/2015).

Mereka berjalan di sepanjang jalan mengelilingi desa setempat sambil mengumandangkan takbir, dan tahmid secara serentak. Tak lupa, mereka juga membawa obor. Kemeriahan begitu terasa saat lantunan takbir itu dibarengi dengan tabuhan drumband.

Ketua panitia pelaksana, M Khoirul SPdI mengatakan, kegiatan takbir tersebut merupakan ekspresi kebahagiaan dan rasa syukur kepada Allah SWT akan datangnya hari raya kurban.

“Takbir keliling rutin kami laksanakan setiap malam hari raya. Ini sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Disamping itu, untuk menyemarakkan syiar islam di desa,” katanya.

Tidak sekedar takbir keliling, lanjut Khoirul, dibalik itu, kami ingin menggugah pemahaman masyarakat tentang makna peristiwa Nabi Ibrahim kepada anaknya, Nabi Ismail yang hendak disembelih. Bahwa, yang dilakukan Nabi Ibrahim merupakan wujud kecintaannya kepada Allah SWT. Hingga digantikannya Nabi Ismail dengan seekor kambing.

“Jadi, idul Adha sebagai momentum mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kepemilikan kita di dunia ini adalah fana dan hendaknya dipergunakan untuk mencari ridlo dan rahmat-Nya,” urai Khoirul.

“Juga semoga kegiatan takbir ini bisa menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada anak sejak dini, sehingga menjadikan siswa-siswi yang sholeh dan sholehah,” tambah aktivis IPNU Jombang ini.

Selain takbir keliling, MI Al-Hikmah akan melakukan penyembelihan hewan kurban yang dilakukan di halaman madrasah, hingga terakhir hari Sabtu besok. (rul)

Leave a Comment
Share
Published by
Arief Anas
Tags: Nganjuk