Jelang Ramadhan, Pengunjung Makam Gus Dur Membludak Hingga 10 Ribu Orang

Peziarah makam Gus Dur di kompleks Ponpes Tebuireng.

KABARJOMBANG.COM – Hingga satu minggu terakhir, terhitung sudah ada sekitar 10 ribu peziarah per hari yang mengunjungi makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang, menjelang datangnya bulan Suci Ramadhan, Sabtu (26/5/2016).

Bahkan, ada beberapa peziarah luar daerah yang juga mengunjungi makam mantan Presiden RI ke-4 tersebut. Diantaranya, rombongan dari Jakarta hingga daerah lainnya.

“Sejak satu minggu terakhir, jumlah peziarah sudah mencapai 10 orang. Padahal, pada hari biasa jumlah peziarah sekitar 3 ribu orang per hari,” kata Teuku Azwani, salah satu Pengurus Ponpes Tebuireng.

Menurutnya, membludaknya pengunjung dikarenakan tradisi kaum nahdliyin setiap mendekati Ramadhan. Maka, hal itu bukanlah pemandangan aneh baginya.

“Ini sudah menjadi tradisi bagi kaum nahdliyin seperti kami. Sebelum memasuki bulan suci Ramadan, kami sempatkan berziarah ke makam keluarga, kerabat, serta makam kyai,” terang Sobirin (48), peziarah asal Pasuruan.

Seperti diketahui, selain Gus Dur, di area tersebut juga ada makan pendiri NU Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari, yang juga kakek dari Gus Dur. Kemudian ada juga makam KH A Wahid Hasyim, mantan Menteri Agama yang merupakan ayah Gus Dur. (aan/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here