by

Jalan Tol Macet, Pemudik Terjebak Hingga 3 Jam

KABARJOMBANG.COM – Pada H plus 2 (H+2) Lebaran 2018, sejumlah kemacetan terjadi di Gerbang Exit Tol Bandarkedung Mulyo dan persimpangan jembatan Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (17/6/2018).

Pantuan di lokasi, kemacetan sepanjang 3 kilometer tampak terjadi di gerbang Exit Tol Jombang – Mojokerto (Jomo) di Bandarkedung Mulyo. Ini terjadi, akibat adanya antrian pembayaran di Gerbang Exit Tol Bandar, hingga menyebabkan kemacetan kendaraan yang masih didominasi pemudik dari arah Surabaya menuju ke Madiun.

Selain itu, adanya penyimpitan jalan sebelum Jembatan Kayen, membuat persimpangan di Gerbang Exit tol dan pertemuan arus lalu lintas di jalan arteri dari arah Surabaya – Madiun, macet parah dari ketiga arah, yakni Exit Tol Bandar dan Jalur Surabaya – Madiun, dan sebaliknya.

Di sepanjang jalur arteri, kemacetan terjadi hingga 2 kilometer dari arah Surabaya menuju Madiun. Menurut Supri (45) pemudik dari Surabaya menuju Solo, mengaku terjebak kemacetan di pintu Gerbang Exit Tol Bandar hingga 3 jam.

“Berhenti di Gerbang Exit Tol Bandar mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Antrian sangat panjang. Macetnya begitu parah. Mungkin karena banyaknya pemudik seperti saya yang baru mudik ke kampung halaman usai lebaran,” terangnya saat ditemui di lokasi.

Untuk mengurai kemacetan, sejumlah petugas kepolisian yang berada di lokasi, melakukan rekayasa arus lalu lintas, baik dari arah pintu keluar tol, maupun dari jalur arteri Surabaya menuju Madiun.

“Agar kemacetan bisa terurai sedikit demi sedikit, kita lakukan rekayasa dengan Contra Flow, dari arah Madiun – Surabaya dan sebaliknya. Selain itu, kita juga melakukan pengalihan arus kendaraan dari arah Surabaya untuk dialihkan menuju Kediri melalui pertigaan Jatipelem Kecamatan Diwek,” terang Ipda Sartono, petugas lalu lintas di lokasi kemacetan. (ari/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya