Jalan Kaki di Pagi Hari, Inilah Manfaatnya

Ilustrasi. (Foto:Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Jalan kaki merupakan olahraga  sederhana yang dapat dilakukan di mana saja tanpa butuh peralatan apapun.

Meski sangat sederhana, jalan kaki setiap hari memiliki manfaat yang luar biasa. Jika dilakukan secara rutin, anda bisa menikmati beberapa manfaat jalan kaki berikut ini.

Baca Juga

1.Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan adalah manfaat jalan kaki yang pertama. Berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori dalam tubuh. Apalagi jika berjalan kaki dikombinasikan dengan diet sehat dan latihan kekuatan, berat badan lebih cepat menurun.

2.Menyehatkan Organ Jantung

Berjalan kaki dengan santai merupakan pilihan baik bagi orang yang memiliki masalah jantung. Berjalan 30 menit di pagi hari dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Jika jalan kaki dilakukan secara teratur, maka akan memperkuat jantung dan mengontrol tekanan darah.

3.Mencegah Stroke

Manfaat jalan kaki selanjutnya adalah mencegah penyakit stroke. Hal tersebut dapat terjadi jika dilakukan 5 kali dalam seminggu, dengan waktu 30 menit setiap sesinya. Berjalan kaki juga dapat membantu pemulihan bagi orang yang mengalami stroke.

4.Menurunkan Risiko Diabetes

Jalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah serta membantu manajemen insulin pada diabetes Tipe 2. Berjalan kaki akan membuat sel-sel dalam tubuh menggunakan glukosa yang tidak terpakai, sehingga lemak dalam tubuh dapat diolah dengan baik, dan menurunkan risiko obesitas.

5.Cegah Arthritis dan Osteoporosis

Gaya hidup yang tidak aktif merupakan pemicu utama kaku pada persendian. Jika sudah terjadi, makan gejala akan berkembang menjadi radang sendi. Untuk mencegahnya, sebaiknya lakukan aktivitas fisik ringan, seperti berjalan kaki 5 kali dalam seminggu. Berjalan dapat melatih kekuatan sendi, dengan meningkatkan kepadatan tulang.

6.Menguatkan Otot

Berjalan dapat membantu memperkuat otot-otot kaki. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa berjalan kaki dengan kecepatan sedang hingga cepat. Cobalah untuk mengubah rutinitas yang tadinya bermalas-malasan untuk berolahraga.

Selain berjalan kaki, anda bisa menambahkan latihan penguatan kaki seperti squat dan lunges beberapa kali dalam seminggu agar otot menjadi lebih sehat.

7.Kontrol Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi akan berujung pada masalah jantung yang berbahaya bagi kesehatan pengidapnya. Untuk mengontrol kadarnya, anda dapat mengikuti gaya hidup aktif, seperti berjalan kaki. Jalan kaki dapat mencegah Aterosklerosis, yang disebabkan oleh arteri yang tersumbat karena penimbunan plak atau kolesterol pada dinding arteri.

8.Meningkatkan Fokus

Manfaat jalan kaki selanjutnya adalah meningkatkan fokus. Jalan pagi dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dan kemampuan untuk berpikir sepanjang hari. Selain meningkatkan fungsi kognitif, berjalan kaki juga dapat membantu seseorang untuk berpikir lebih kreatif.

Hal tersebut dapat terjadi karena olahraga teratur dapat membantu melindungi ingatan dan meningkatkan keterampilan berpikir, karena oksigen dan suplai darah ke otak dipercepat.

9.Mencegah Depresi

Saat seseorang mengalami perubahan suasana hati, hal tersebut mungkin saja akan menimbulkan banyak gangguan lainnya. Anda dapat mencegah hal tersebut dengan berjalan kaki. Saat berjalan, endorfin pembunuh rasa sakit akan mengalir dengan baik ke seluruh tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih dalam mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan, serta kelelahan, anda dapat berjalan kaki selama 30-60 menit setiap hari.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait