Inilah Mainan Jadul yang Sekarang Sulit Ditemukan

Ilustrasi mainan bentik/patil lele. (Foto: Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Di era yang serba digital, teknologi semakin canggih membuat perubahan yang cukup terasa di masa kecil seorang anak saat ini.

Seperti mainan, rasanya tak lagi kita jumpai pada era 90-an. Seiring berkembangnya zaman masa-masa itu lambat laun tergerus oleh gadget dan alat canggih lainnya.

Bagi Anda yang masih merasakan asyiknya bermain di era 90-an. Masih ingat Anda mainan-mainan perjuangan. Mainan yang membuat banyak luapan emosi jika sedang memainkan permainan itu.

Ada beberapa mainan yamg harus dibeli, namun ada juga yang bisa dibuat dari alam dan bahan seadanya.

Kabarjombang.com, mencoba membuat list mainan apa saja yang membuat anda bernostalgia di era 90-an. Diantaranya adalag:

  1. Bola Bekel ( pit pitan)

Permainan yang dilakukan lebih dari satu orang dengan media bola karet dengan empat benda kecil serupa bebek. Biasanya dibuat dari kuningan atau tembaga.

  1. Gangsing dari kayu (keh keh an)

Mainan yang dibuat dari kayu menyerupai periuk atau vas bunga namun kecil dengan biasanya ditancapi paku dibawahnya. Selain itu juga ada tali rafia yang dikepang untuk membuat gasingnya berputar.

  1. Bentik (patil lele)

Permainanan lebih dari satu orang yaitu satu orang pemai dan satu orang penjaga. Dibuat lubang lonjong di tengah dengan dua kayu yang dijadikan alat mainnya. Satu bagian panjang, satunya lagi yang pendek.

  1. Pistol Mainan dari Bambu (pletokan)

Bentuknya adalah panjang namun memakai bambu yang kecil. Dengan bambu yang dibuat sebagai alat sodoknya. Sedangkan pelurunya pakai kertas dibasahin.

  1. Main Tazos

Mainan ini juga sempat populer, mainan dari kertas dengan gambar berbagai macam animasi dan dapetin ini harus beli jajan ciki yang dalamnya ada hadiah ini.

  1. BP (Boneka Kertas)

Favorit para cewek, terdapat 2-3 macam karakter yang lengakap dengan kasur dan alat-alat make up nya. Bahkan baju dan sepatu yang bisa diganti-ganti.

  1. Balon bening Tiup

Balon yang ditiup dari bahan yang dipencet seperti odol. Biasajya main gede-gedean.

8.Gamebot

Masih ingat? Gamebot yang dulu bisa dibilang yang punya duluan adalah anak yang paling update. Salah satu mainan yang agak canggih pada jamannya. Karena belum banyak yang punya biasanya dibuat rebutan main.

  1. Terjun Payung

Meskipun sekarang sudah banyak di modifikasi, anak era 90-an sudah bahagia dengan terjun payung yang meskipun terbuat dari keresek dan karet sebagai orangnya.

  1. Bayblade

Muncul karena film kartun, belinya harus merengek dulu gak ya.

  1. Yoyo dari kayu

Bisa bayangin kan dulu bisa berbagai atraksi gaya ini sudah kelihatan keren.

  1. Dakon (congklak)

Biasanya lebih sering dimainkan anak cewek dengan ujungnya nanti adalah ada jual beli lahan (lubang) dakon.

  1. Gandul

Masih ingat?  Yang dari 2 gandul apabila disatukan dan dinbenturkan berbunyi ‘cetak cetak’. Tak jarang juga jika biasanya kena tangan sakit ya.

Itulah beberapa mainan di era 90-an yang pasti tidak akan terlupakan, sebelum gadget dan mainan elektronik yang sangat menyita waktu untuk bermain bersama teman-teman sebaya.

 

 

 

INSTAGRAM

Berita Terkait