Inilah Keutamaan Salat Dhuha Setiap Hari

Ilustrasi. (Ft: Istimewa).
  • Whatsapp

JOMBANG, Kabarjombang.com – Selain salatlima waktu yang wajib dilakukan umat muslim. Ada salat sunnah yang bisa  dilakukan dengan mudah.

Dilaksanakan pada waktu dhuha yang mana ketika matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbit sampai waktu Dzuhur tiba.

Baca Juga

Cukup dua rakaat minimal yang harus dijalankan. Berikut beberapa surat baik yang bisa Anda baca ketika melakukan salat dhuha, sebagaimana dilansir dream.co.id.

  1. Surat Al-Waqiah
    Surat Asy-Syams
    3. Surat Ad-Duha
    4. Surat Al-Kafirun
    5. Surat Quraisy
    6. Surat Al-Ikhlas

Rasulullah SAW pernah berkata melalui HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad jika salat dhuha ditunaikan di tiap harinya akan mendapat banyak keuntungan, ” Siapa saja yang menjaga salat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan” .

Rupanya tak hanya itu, salat dhuha juga punya segudang manfaat jika dilakukan setiap hari. Berikut keutamaan salat dhuha setiap hari.

Syaikh Wahbah mengutip perkataan dari Abdul Khattab: “Menjalankan salat dhuha secara terus menerus hukumnya sunnah karena Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah berpesan agar para sahabat melakukan hal tersebut.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Siapa saja yang menjaga salatdhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Bahkan, Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu mendapatkan wasiat dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “Kekasihku (Muhammad) shallallahu’Alaihi wa Sallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan (ayyamul bidh), salatdhuha dua rakaat, dan salatwitir sebelum tidur.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Inilah Keutamaan Salat Dhuha Setiap Hari

  1. Salat Dhuha dua Raka’at Senilai 360 Sedekah

Di dalam tubuh manusia terdapat tiga ratus enam puluh sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya.” Mereka (para sahabat) bertanya, “Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?”

Beliau menjawab, “Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), maka dua rakaat dhuha sudah mencukupimu.” (HR. Abu Dawud)

  1. Mencukupi Kebutuhan Sepanjang Hari dengan 4 Raka’at Salat Dhuha

Allah Ta’ala berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

  1. Ghanimah (Harta Rampasan Perang) Terbanyak dari Salat Dhuha

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa berwudhu kemudian pergi pada waktu pagi ke masjid untuk melaksanakan salat dhuha, maka hal itu adalah peperangan yang paling dekat, ghanimah yang paling banyak, dan kembalinya lebih cepat.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad; hasan shahih)

Oleh karena itu, tidak masalah untuk mengerjakan salat dhuha setiap hari karena banyak keutamaan yang akan kita dapatkan. Tapi ingat, kerjakanlah semampu diri masing-masing. (Faktualnews.co)

INSTAGRAM

Berita Terkait