Ini Tiga Faktor Penyebab Dispendukcapil Antri Pelayanan

Membludaknya pengunjung di Dispendukcapil Kabupaten Jombang. (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Antrian padat di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jombang, terlihat sekitar 3 hari belakangan. Hal ini seperti pada Kamis (6/4/2017).

Pantuan di lokasi, sekitar pukul 10.00 WIB, antrian padat terjadi di salah satu loket Dispendukcapil. Diduga, ada beberapa faktor yang menyebabkan antrian semakin membludak. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Achmad Sjarifudin melalui Seketarisnya, Dwi Yudawati.

Faktor penyebab meningkatnya antrian pelayanan ini disebabkan tiga faktor. Diantaranya, adanya pengisian perangkat desa yang saat ini dilakukan di seluruh desa di Kabupaten Jombang. Sebab, dengan adanya pengisian perangkat ini, banyak warga desa yang menjadi calon peserta melakukan pembenahan data. Termasuk legalisir Kartu Keluarga (KK), Ijazah dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Selain itu, ini juga disebabkan adanya pendaftaran calon TNI dan Polri. Sebab, salah satu persyaratannya memang harus melakukan validasi identitas dengan cara legalisir. Karena KK dan KTP adalah produk Dispendukcapil, sehingga harus dilegalisir di kantor Capil,” kata Dwi saat ditemui di kantornya.

Tak hanya itu, antrian pelayanan di Dispendukcapil juga disebabkan adanya awal masuk sekolah dan jejang karir para pegawai. Menurutnya, ada beberapa macam keperluan yang mereka lakukan. Namun dari data yang dikantongi pihaknya, paling banyak yang menjadi keperluan mereka adalah legalisir.

Namun, diprediksi pihaknya, meningkatnya antrian di Dispendukcapil tak lama lagi mulai kembali normal. Sebab meningkatnya antrian, hanya disebabkan tiga faktor tersbut. “Kita prediksi, tanggal 15 mendatang sudah mulai normal lagi. Jika semua faktor yang menjadi penyebabnya sudah selesai,” pungkas Dwi. (aan/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here