Info Desa

Manfaatkan Potensi lokal, Desa Mojotrisno Mojoagung Juara 1 Kampung Berseri Astra

JOMBANG, KabarJombang.com – Kejutan terjadi di Desa Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang. Sebab pada hari Senin malam (18/12/2023) Desa tersebut berhasil menjuarai Kampung Berseri Astra (KBA) tingkat nasional, yang diumumkan secara online melalui akun youtube PaguyubanKBA.

Sudah seharusnya desa ini mendapat penghargaan, dengan kondisi alam yang biasa pada umumnya dan bukan di dataran tinggi atau pegunungan, berhasil disulap menjadi desa yang menarik untuk dikunjungi. Desa ini banyak melakukan trobosan serta inovasi, terutama pada bidang wisata desa berbasis edukasi.

Mulai dari pasar barongan, wisata edukasi padi, edukasi pengolahan kompos, edukasi green house, edukasi herbal, pusat pembuatan gerabah, pusat pembuatan batik, dan masih banyak lagi.

Desa Mojotrisno tergabung dalam KBA kategori wisata. Yaitu kampung yang menawarkan keseluruhan suasana dengan mencerminkan keaslian perkampungan, baik dari kehidupan sosial ekonomi, sosial budaya, adat istiadat dan keseharian.

Dalam proses mendapat juara tersebut ada banyak tahapan yang harus dilalui oleh Desa Mojotrisno. Mulai dari pendaftaran, pembinaan, seleksi, penjurian, sampai pengumuman.

“Berawal dari tindak lanjut penataan lingkungan melalui program desa berseri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur dengan dampingan dari DLH Jombang. Kemudian kami juga sudah mendapat penghargaan desa mandiri selama 3 tahun berturut-turut. Dengan bekal tersebut kami mendapat tawaran untuk tergabung di Kelompok Berseri Astra”, ungkap Nanang Sugiarto Kepala Desa Mojotrisno.

“Tujuan kami mengikuti event ini adalah untuk memperkenalkan potensi desa yang kita punya kepada masyarakat luas. Kalau kita tidak memanfaatkan event seperti ini potensi wisata desa yang kita punya hanya diketahui oleh orang-orang sekitar saja, orang di kota-kota lain tidak akan kenal,” tambahnya

“Dengan keberhasilan kita menjuarai ajang ini, terbukti kemarin yang lihat video kita mendadak jadi banyak. Orang yang penasaran dan mau datang kesini juga bertambah,” lanjutnya.

Di event tersebut Desa Mojotrisno bersaing dengan desa-desa yang menjadi wisata unggulan Indonesia. Salah satunya adalah desa dari maluku dengan keindahan alamnya yang luar biasa, pantai dengan pasir terhalus di dunia. Tetapi pada kenyataannya Desa Mojotrisno lebih unggul dari segi pemberdayaan, pengelolaan maupun inovasi.

Pemberdayaan masyarakat yang beraneka ragam dari Desa Mojotrisno menjadi nilai jual yang sangat menarik. Mulai dari pemanfaatan kuningan, batik, gentong, pemberdayaan UMKM melalui pasar barongan, dan masih terus dikembangkan lagi pada bidang lainya. (Kevin Nizar)

Leave a Comment
Share
Published by
MG-1