by

Helat Try Out, LBB Masterprima Jombang Juga Berbagi Strategi Agar Bisa Masuk PKN STAN

KABARJOMBANG.COM – Berbagai kegiatan dilakukan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Masterprima Jombang, dalam persiapan menghadapi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) tahun 2019.

Salah satunya, dengan menggelar Try Out PKN STAN 2019 secara online, menggunakan perangkat Smartphone atau Laptop, pada Minggu (18/11/2018) di Aula SMAN 2 Jombang. Dalam kegiatan ini, Bimbel Masterprima juga berbagi strategi jitu agar bisa sukses masuk PKN STAN.

Kegiatan ini, mampu menyedot sebanyak 211 siswa kelas 12 SMA, MA, dan SMK, di wilayah Jombang dan sekitarnya, untuk mengikuti Try Out yang dihelat sejak pukul 07.30 hingga pukul 12.00 WIB.

Direktur sekaligus Founder Bimbel Masterprima, Hasyim Ashari mengatakan, dengan kegiatan ini, pihaknya ingin memberikan persiapan lebih dini kepada siswa-siswi SMA di wilayah Jombang Kota dan sekitarnya, untuk menghadapi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN.

“Kami ingin memberikan motivasi, strategi, dan pengalaman lebih kepada adik-adik yang punya impian masuk PKN STAN. Karena selama ini, jumlah mahasiswa PKN STAN yang berasal dari wilayah Jombang dan sekitarnya terbilang sedikit dibandingkan dari wilayah lain di Jawa Timur. Padahal, secara kemampuan hampir sama. Hanya adik-adik di sini, masih kurang latihan soal dan informasi yang cukup berhubungan dengan strategi lulus masuk PKN STAN,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Hasyim Ashari juga mengungkapkan, Masterprima merupakan salah satu Bimbel terbaik yang fokus kepada mereka yang berminat masuk PKN STAN dan lulus CPNS di wilayah Jombang.

“Materi try out online hari ini, dari jumlah soal dan waktu, sama persis dengan SPMB PKN STAN yang sebenarnya. Ada materi Tes Potensi Akademik (TPA) sebanyak 45 soal, Tes Bahasa Inggris (TBI) sebanyak 30 soal, dan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) sebanyak 100 soal. Bahkan, waktu yang diberikan juga sama persis dengan seleksi yang sebenarnya. Soal yang diberikan merupakan salah satu soal prediksi yang akan muncul pada SPMB PKN STAN 2019,” rincinya.

Selesai kegiatan try out, siswa bisa langsung melihat nilainya. Lulus atau belum lulus. Bagi peserta yang memiliki nilai kurang dari ambang batas (nilai minimal), berarti belum lulus. Nilai ambang batas untuk TPA sebesar 67, untuk TBI sebesar 30.

Sedangkan materi SKD terdiri atas Tes Karakteristik Pribadi (TKP) nilai minimal 143, Tes Intelegensia Umum (TIU) nilai minimal 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) nilai minimal 75. Jadi, semua materi minimal harus sama dengan nilai ambang batas.

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan Try Out Akbar, Koko mengatakan, selesai try out, peserta mendapat suguhan tips dan trik menjawab soal PKN STAN dengan cepat dan benar. Ini untuk memberikan tambahan wawasan dan strategi kepada seluruh peserta.

“Waktu mengerjakan soal PKN STAN sangat terbatas. Satu soal rata-rata disediakan waktu kurang dari satu menit, tepatnya 51 detik per soal. Jadi, kalau siswa tidak tahu tips dan trik menjawab soal dengan cepat, bisa dipastikan akan kekurangan waktu dan ujung-ujungnya tidak lulus ujian SPMB PKN STAN,” tegas Kepala Cabang Masterprima Jombang ini.

Dijelaskannya, karena informasi dan strategi yang disampaikan pada kegiatan kali ini, dengan waktu cukup terbatas, maka LBB Masterprima membuka bimbel khusus yang fokus pada persiapan masuk PKN STAN 2019.

Menurutnya, ada program standar yang fokus pada persiapan materi TPA dan TBI saja. Tapi lebih dari 60% siswa yang ikut Bimbel memilih kelas program jaminan masuk PKN STAN.

“Kelebihannya, jumlah pertemuan lebih banyak. Tidak hanya belajar TPA dan TBI, tapi juga belajar materi SKD plus gratis persiapan Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK). Jadi fasilitasnya super banget. Peluang diterima di PKN STAN, akan lebih besar karena persiapan lebih matang,” jelasnya.

Ditambahkan Koko, untuk memperoleh hasil yang maksimal, persiapan masuk PKN STAN minimal selama 5 bulan. Tidak hanya berjuang lulus dari nilai ambang batas, tapi juga bagaimana punya nilai setinggi mungkin. “Sehingga, ketika dirangking secara nasional bisa diterima di PKN STAN. Dan Masterprima siap membantu,” kata Kepala Cabang LBB Masterprima Jombang, yang beralamat di Jalan KH Agus Salim No 7 Jombang ini. (nas/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya