Haul Keenam Gus Dur, 750 Personil Polisi Disiagakan

Kapolres Jombang, AKBP Sudjarwoko. (FOTO: ARI)
  • Whatsapp

JOMBANG, (kabarjombang.com) – Haul Keenam Mantan Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, menjadi perhatian khusus aparat Kepolisian. Sebab, acara tersebut bakal dihadiri Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla, Sabtu (26/12/2015) besok.

Kapolres Jombang, AKBP Sudjarwoko mengatakan, sebanyak 750 personil Polres Jombang disiagakan saat acara Haul Keenam Mantan Ketua Umum PBNU tersebut. “Jumlah tersebut merupakan 2/3 kekuatan yang dimiliki oleh Polres Jombang, yang nantinya akan disebar di sepanjang Jalan KH Hasyim Asy’ari hingga Kawasan Ponpes Tebuireng, serta titik-titik rawan,” ujar Kapolres, Jumat (25/12/2015).

Baca Juga

AKBP Sudjarwoko menambahkan, selain menyebar personilnya, pihaknya juga akan mengamankan kantong-kantong parkir bagi para pengunjung peringatan Haul Keenam Gus Dur yakni di terminal baru area Makam Gus Dur yang mampu menampung 500 hingga seribu jamaah yang hadir.

Disinggung soal sistem pengamanan saat kedatangan Wapres M Jusuf Kalla, Sudjarwoko mengatakan, pihaknya hanya memback up pengamanan saja. Karena sistem keamanan Wapres sepenuhnya sudah menjadi tanggung jawab Tentara Nasional Indonesia (TNI). Namun institusinya (Polri, red) bertugas memback up.

“Jika diminta, kita bisa masuk dalam sistem pengamanan yang memggunanakan metode tiga ring tersebut. Ring satu berada di dalam acara, ring dua di kawasan Ponpes Tebuireng, serta ring tiga di luar kawasan Pondok Pesantren,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Haul Keenam Gus Dur akan diperingati di Ponpes Tebuireng, tempat dimana mantan orang nomor satu di negeri ini dimakamkan. Sejumlah tokoh nasional direncanakan akan hadir dalam acara tersebut.

“Selain Wapres M Jusuf Kalla, akan hadir pula beberapa tokoh nasional dan pejabat penting diantaranya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Jatim Soekarwo, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, Pengasuh PP Al Anwar, KH Maimun Zubair atau Mbah Maimoen, dan beberapa Kiai lainnya,” ujar salah satu sumber internal Ponpes Tebuireng. (ari)

INSTAGRAM

Berita Terkait