Haul ke-49 Mbah Wahab Hasbullah Digelar Secara Virtual

Suasana haul Mbah Wahab di Ponpes Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang.
  • Whatsapp

JOMBANG, Kabarjombang.com – Tak seperti biasanya, pelaksanaan haul ke-49 Pahlawan Nasional asal Jombang, KH Abd Wahab Hasbullah (Mbah Wahab), kali ini digelar secara virtual atau dalam jaringan (daring). Hal ini karena Jombang masih darurat Covid-19.

Hanya tamu undangan khusus saja yang diizinkan berada di panggung utama haul di Masjid Jami’ Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Mereka semua diharuskan menjaga jarak dan protokol kesehatan lainnya.

Baca Juga

Seperti Rais Aam PBNU KH Miftahul Akhyar, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, KH Bahauddin Nur Salim atau Gus Baha dan keluarga besar Mbah Wahab.

“Dengan kondisi Covid-19 kita harus menggelar haul seperti ini, mudah-mudahan hanya sekali saja. Ke depan semoga kita bisa melaksanakan seperti biasanya,” kata Hj Mundjidah Wahab, Ketua Panitia Haul ke-49 Mbah Wahab, Kamis (2/7/2020).

Perempuan yang juga Bupati Jombang ini mengatakan, tujuan haul ini untuk mengingat dan menggugah semangat juang yang dilakukan oleh Mbah Wahab di masanya. Dengan begitu, generasi muda bisa meneladani segenap perjuangan Mbah Wahab.

Mbah Wahab tercatat sebagai pengasuh Pesantren Bahrul Ulum dan inisiator sekaligus penggerak Nahdlatul Ulama (NU). “Semangat jihad dari beliau harus kita contoh. Dengan haul inilah diharapkan kita bisa melanjutkan perjuangan-perjuangan beliau,” tambah puteri kandung Mbah Wahab ini.

Sementara itu, Ketua Majelis Pengasuh Pesantren Bahrul Ulum, KH Hasib Wahab mengatakan, haul secara daring ini melibatkan masyarakat lintas negara. Ratusan ribu orang menyimak acara ini.

Ia berharap, Mbah Wahab bisa menjadi pilar atau penguat masyarakat dalam membesarkan NU dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Semoga dengan peringatan ini kita lebih semangat berjuang untuk NKRI,” pintanya.

Tak jauh berbeda, salah satu alumni Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Ida Fauziah menjelaskan, jika dirinya menjadikan KH A Wahab sebagai riil modal dalam berjuang di masyarakat.

Ia banyak mempelajari kisah hidup Mbah Wahab dari para gurunya dan catatan sejarah Mbah Wahab. Hal itu membuat semangat juangnya bertambah besar lagi.

“Kiai Wahab adalah sosok yang lengkap, jasanya begitu besar buat bangsa ini. Saya belajar banyak dari sosok Kiai Wahab dalam berjuang,” tandasnya.

INSTAGRAM

Berita Terkait