by

Hati-hati, Ada Makanan Kadaluarsa di Toko Modern, Simak Hasil Sidak Petugas

KABARJOMBANG.COM – Petugas gabungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang dan petugas dari Polsek Ploso menggelar inspeksi mendadak (Sidak) makanan dan minuman di sekitaran Pasar Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (17/5/2018).

Hasilnya sungguh mengejutkan, dari tiga kali mendatangi toko modern berlabel nasional, masih ditemukan kemasan minuman yang diketahui rusak, hingga tak layak konsumsi. Petugas gabungan, berhasil menemukan kemasan susu kaleng yang rusak masih dijual dan terpampang di rak toko.

“Mas ini kan kemasannya sudah rusak. Seharusnya tidak boleh dijual. Karena dikawatirkan ada bakteri yang masuk ke dalam kemasan yang sudah tak sempurna,” ujar petugas menegur karyawan toko.

Berjalan tak jauh dari toko sebelumnya, petugas kembali meneliti sejumlah makanan dan minuman yang terpampang di rak toko. Lagi-lagi, hasil mengejutkan ditemukan petugas. Kali ini petugas menemukan produk roti dalam kemasan plastik yang sudah berjamur masih nekad dijual.

Jumlahnya tidak sedikit, yakni tiga kemasan plastik ukuran sedang, dengan isi 6 hingga 5 roti dalam satu kemasan.

“Ya dari hasil sidak gabungan tadi, kita mendapati adanya sejumlah makanan yang tak layak konsumsi, namun tetap dijual. Itu kita minta pemilik toko untuk menariknya, dan tidak boleh dijual,” ujar Kompol Kasyanto, Kapolsek Ploso, usai Sidak.

Menurutnya, Sidak seperti ini akan dilakukan hingga menjelang H minus 10 lebaran nanti. Ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya pemanfaatan oknum terhadap makanan dan minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat di bulan Ramadhan dan Idul Fitri nanti. (ari/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya