oleh

Hari Terakhir Kampanye, Caleg Hanura Sugiati Ziarah ke Makam Mbah Pagon

KABARJOMBANG.COM – Hari terakhir masa kampanye Pemilu 2019, dipungkasi Sugiati, Caleg DPRD Kabupaten Jombang dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) nomor urut 3, Dapil Jombang – Peterongan, dengan berziarah ke makam Mbah Pagon, pembabat alas Jombang, Sabtu (13/4/2019).

Didampingi Kusmanhadi (50) alias Mbah Griwo, sang juru kunci makam Mbah Pagon, Caleg perempuan ini tampak khusyuk memanjatkan do’a, di dekat pusara pendiri Kota Jombang, yang berada di dekat Taman Kebonrojo, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Usai berdo’a, ia pun melakukan tabur bunga di tiga makam yang terletak berjajar di area makam tersebut.

“Hanya berziarah dan berdo’a saja. Karena Mbah Pagon ini dipercaya masyarakat merupakan tokoh pembabat alas Kota Jombang. Tak ada ritual khusus. Kita juga berdo’a, semoga Pemilu 2019 berjalan sukses, lancar, damai, dan menjadi sarana pemersatu bangsa,” ungkap Sugiati.

Menurutnya, makam Mbah Pagon tersebut, memiliki potensi menjadi salah satu jujugan wisata religi di Kota Santri, selain makam Gus Dur di Ponpes Tebuireng dan makam Sayyid Sulaiman di Betek Mojoagung. Hanya saja, untuk merealisasikan hal itu, butuh sentuhan serius dari berbagai pihak, termasuk pemerintah.

Ia mengatakan, makam yang berada di dalam sebuah bangunan seperti rumah itu, didapatinya masih belum banyak memiliki fasilitas bagi peziarah. Seperti, kitab suci Al-Qur’an untuk peziarah yang ingin mengaji. Bahkan, bangunan berupa toilet yang berada di barat area makam, sudah tidak berfungsi lagi.

“Nah, jika ada sentuhan serius dari berbagai pihak, kami yakin akan menjadi salah satu pilihan tempat wisata religi yang diminati banyak peziarah. Bukan saja di waktu-waktu tertentu. Selain berada di tengah kota Jombang, lokasi makam berdekatan dengan tempat rekreasi Taman Kebonrojo,” Caleg dari Partai Hanura nomor urut 3 ini.

Dikatakannya, kondisi makam Mbah Pagon tersebut, menjadi masukannya dan akan menjadi program aspiratifnya, saat dirinya dipercaya masyarakat dan dikehendaki Tuhan Yang Maha Esa, menjadi Anggota DPRD Kabupaten Jombang.

“Tentu, ini akan kami usung saat kami dipilih masyarakat menjadi Anggota DPRD Jombang. Karena, berkat jasa-jasa beliau-lah, Kota Jombang ini ada,” pungkasnya.

Sekedar informasi, sebelumnya berziarah ke makam Mbah Pagon, Caleg Sugiati juga melakukan rangkaian kegiatan dengan berkunjung ke home industri tempe yang berada di Dusun Weru, Desa Mojongapit, dan industri rumahan tahu susu yang berlokasi di Desa Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang.

Di dua lokasi itu, dirinya melakukan dialog serta menerima masukan-masukan dengan pelaku usaha. Terkait kendala yang dihadapi, serta pola pengembangan usaha.

“Omzet untuk dua home industri tempe dan tahu susu tadi cukup lumayan. Meski ditangani sendiri, mereka sudah bisa berdaya saing. Untuk kendalanya, sejauh ini hanya di pemasaran. Kami nanti mencoba mencari formula untuk hal itu. Karena sudah terbukti, jika UMKM merupakan penopang ekonomi bangsa,” pungkasnya. (nas/kj)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya