Gerusan Air Sungai, Caplok Tanggul Hingga Jebol

Kondisi tanggul yang jebol akibat hujan serta debit air sungai yang meningkat. (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Sebuah tanggul sungai yang berada di Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, jebol sepanjang 10 meter. Diduga, jebolnya tanggul Sungai Kali Gunting ini, akibat hujan serta debit air sungai yang meningkat.

Menurut Sugiarto, salah satu warga sekitar mengatakan, jebolnya tanggul di pinggir jembatan penghubung antar desa tersebut, terjadi pada Kamis (14/12/2017) dini hari. Dalam penuturannya, saat itu curah hujan yang mengguyur desanya terjadi sejak sore hari.

“Pagi harinya, tiba-tiba tanggul jebol dan ambles terbawa arus sungai yang meningkat. Itu terjadi sekitar Pukul 02.00 WIB,” ujarnya, Jumat (15/12/2017).

Akibatnya jebolnya tanggul tersebut, dikhawatirkan bakal berdampak pada ambelsnya bangunan jembatan serta rumah yang berada di bibir sungai.

“Kita takut jika tidak segera diperbaiki maka bisa merobohkan rumah dan jembatan. Apalagi aspal jembatan kini sudah retak di bagian tengahnya,” tambah Sugiarto.

Meski begitu, hingga saat ini, diketahui belum ada perbaikan secara intensif dari pemerintah setempat terhadap tanggul tersebut. Warga hanya terlihat membersihkan dengan cara sederhana. “Ya sementara dibersihkan sebisanya saja dengan warga lain,” tambahnya. (aan/kj)

LEAVE A REPLY