by

Gali Makam Hewan, Peternak Justru Temukan Benda Aneh Ini

KABARJOMBANG.COM – Warga Desa Pandawangi, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mendadak ramai mendatangi rumah milik Suyitno (60) warga setempat, Senin (25/6/2018) siang.

Ini lantaran adanya penemuan benda yang diduga mortir pesawat tempur berukuran raksasa. Penemuan terjadi, saat Suyitno, pemilik rumah sedang menggali tanah dengan kedalaman 1 meter, untuk menjadi lubang makam hewan sapi miliknya, yang tewas akibat terjerat tali di kandang.

Setelah digali, tiba-tiba cangkul milik saksi membentur benda yang awalnya diduga sebagai batu yang terpendam. Ketika dilihat, ternyata benda berukuran 50 sentimeter dengan berat 60 kilogram tersebut, merupakan mortir pesawat tempur.

“Karena takut, akhirnya saya melaporkan kepada warga lain dan diteruskan ke pihak kepolisian setempat,” ujar Suyitno, saat ditemui di lokasi.

Hasil identifikasi sementara, petugas menduga mortir tersebut merupakan mortir milik pesawat tempur yang diduga sisa zaman kolonial Belanda. Pasalnya, kondisi mortir sudah berkarat dan tertimbun tanah.

“Kami masih berkoordinasi dengan Tim Jihandak Brimob Polda Jatim untuk melakukan evakuasi terhadap temuan. Sebab dugaan sementara, meski sudah berkarat, mortir tersebut masih aktif. Dan dikawatirkan bisa meledak jika terjadi sentuhan keras,” ujar AKP Bambang Setyabudi, Kapolsek Diwek. (ari/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya