by

Eloknya Panorama Air Terjun Pring Jowo

NGANJUK (kabarjombang.com) – Obyek wisata Air Terjun Sedudo atau Roro Kuning mungkin sudah tidak asing lagi bagi travelers. Panorama air terjun yang begitu elok dan sarat mitos ini terletak di lereng Gunung Wilis, di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, desa Kabupaten Nganjuk.

Namun, terdapat obyek wisata lain yang tak kalah eloknya dengan Air Terjun Sedudo, dan juga terletak di kaki Gunung Wilis, yakni Air Terjun Pring Jawa (Jowo). Obyek wisata yang baru dikenalkan ini terletak di Dusun Salam Judeg, Desa Blongko, atau sekitar 10 km dari kantor Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk.

Untuk menuju lokasi wisata ini, selain jalan yang sudah beraspal, ada juga jalan yang cocok untuk para pecinta motor track/trail. Track dengan tanah khas gunung yang agak gembur ini terletak di kawasan Banyu Towo.

Banyu Towo sendiri diambil dari sebuah sumber air abadi. Di tempat tersebut merupakan sumber air kecil yang tak pernah kering meskipun kemarau panjang melanda.

Darsono warga sekitar menceritakan, dulu pernah ada desa tetangga dilanda kekeringan, hingga warga desa tersebut meminta izin untuk meminta air dari Banyu Towo selama seminggu untuk mengairi sawah dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Antara percaya dan tidak, tepat seminggu seperti izin yang diminta tadi, air berhenti mengalir atau terhisap tanah sebelum memasuki desa.

Menurut kepercayaan warga sekitar, Banyu Towo ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit (tentunya tetap harus mendapat ridlo dari Tuhan YME). Kisah lain, lanjut Darsono, warga desa Salam Judeg pernah mengalami penyakit yang sekarang lebih familiar disebut gondok. “Tanpa berobat ke dokter, hanya meminum air dari sumber tersebut, semua warga yang terjangkit penyakit, dalam beberapa hari sembuh. Juga karena saat itu masih jarang dokter di daerah pegunungan,” ceritanya.

Sebelum sampai di lokasi, ada sebuah tempat bernama Gumitir. Gumitir sendiri merupakan Pos 1 atau peristirahatan pertama sekaligus tempat parkir kendaraan roda dua. Karena jalan di areal Gumitir begitu sempit, untuk kendaraan roda empat hanya bisa mencapai Banyu Towo.

Setelah Gumitir, untuk melanjutkan perjalanan menuju lokasi Air Terjun Pring Jowo hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Air Terjun Pring Jowo yang terletak di kawasan Hutan Pring Jowo, Gunung Wilis ini memiliki dua buah air terjun, yakni Air Terjun Pring Jowo Ngisor atau Ngandhap, dan Air Terjun Pring Jowo Dhuwur atau Inggil. Untuk Air Terjun Pring Jowo Ngandhap memiliki tinggi sekitar 18 meter. Sedangkan Air Terjun Pring Jowo Inggil berbentuk zig-zag atau berkelok dengan tinggi sekitar 30 meter. (khoirul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya