Kembangkan Kopi Lokal Wonosalam, Polisi di Jombang Hadirkan Mas Brew Coffee

Kopi khas Wonosalam Mas Brew. KabarJombang.com/Dea Yogie/
  • Whatsapp

WONOSALAM, KabarJombang.com – Wonosalam, merupakan salah satu lumbung penghasil kopi excelsa di Kabupaten Jombang.

Tanaman kopinya tersebar luas di lereng gunung Anjasmoro, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Mojokerto, Kediri dan Malang.

Baca Juga

Ini yang melatarbelakangi Aipda Iswan Krisdianto, yang juga berprofesi sebagai anggota Polri berinisiatif mengolah dan memasarkan kopi secara mandiri.

Anggota Polres Jombang ini mulai menekuni bisnis kopi sejak satu tahun lalu tepatnya 2020. Mas Brew Coffee merupakan brand atau nama produk yang ia gunakan.

Iswan melirik kopi sebagai sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan dan dikelola untuk menjadi usaha sampingan, selain tugasnya sebagai Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian (KSPK) Polsek Wonosalam, Kabupaten Jombang.

“Bisnis kopi yang saya jalani adalah kopi asal wonosalam, kita memakai biji kopi yang asli Wonosalam tanpa memakai biji kopi dari luar. Sebab saya ingin mengenalkan nama Wonosalam,” kata pria berusia 40 tahun ini saat berbincang dengan KabarJombang.com, Jumat (26/3/2021).

Dituturkan Iswan, untuk menghasilkan kopi excelsa kualitas terbaik dimulai beberapa tahapan dan proses khusus. Mulai pemilihan biji kopi terbaik, penjemuran yang langsung di bawah sinar matahari, disangrai secara khusus.

“Proses yang kita lakukan secara higienis, tanpa bahan pengawet dan bahan campuran benar-benar alami,” tegas dia.

Jenis kopi yang ditawarkannya Mas Brew antara lain kopi excelsa, robusta, dan robusta lanang. Menurutnya kopi andalan yang wajib dibanggakan oleh Kota Santri ini adalah kopi jenis excelsa.

Sebab cita rasa kopi excelsa sangat unik dan memiliki aroma yang kuat. Dominan rasa yang ditawarkan dari biji kopi excelsa Wonosalam adalah asam-pahit.

Bisnis kopi hari ini memang cukup menjanjikan karena banyak pecinta dan penikmatnya, apalagi kopi excelsa khas Wonosalam. Meminum kopi pun sudah menjadi gaya hidup kalangan masyarakat luas.

Semua orang dari berbagai tingkatan ekonomi bisa menikmati kopi, di kedai, di kafe, banyak tersedia kopi dengan jenis dan berbagai olahan yang bervariasi.

“Karena setiap tempat hampir terdapat kafe yang menyuguhkan kopi. Dan kebetulan saya dinas di Wonosalam akhirnya saya mencoba,” tambah Iswan.

Untuk memasarkan kopi khas Wonosalam dengan brand Mas Brew, dia mengandeng para pemuda yang ada di lingkungan sekitarnya.

“Tujuan saya juga membantu orang lain untuk mendapatkan rejeki dan menambah penghasilan ibu rumah tangga,” kata pria yang tinggal di Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno.

Kopi hasil produksinya itu ditawarkan dalam bentuk kemasaan dengan berat 200 gram. Harganya pun cukup terjangkau. Satu kemasan kopi excelsa dan robusta lanang seharga Rp 25 ribu, sedangkan kopi robusta Rp 15 ribu.

Pastinya pada penasaran dong, bagaimana cita rasa kopi khas Jombang ini? Yuk buruan coba dan nikmati sambil bersantai dirumah bareng keluarga, teman, bahkan pacar.

Untuk mendapatkannya sangat mudah sekali kok, dibeberapa market place sudah tersedia dan katalognya, atau bisa langsung hubungi nomor telepon 085757680229. Selamat mencoba dan menikmati kopi Wonosalam ya.

Iklan Bank Jombang 2024

Berita Terkait