Dua Rumah Isolasi Jombang Hampir Penuh, Gugus Tugas Covid-19 Lirik GOR Merdeka

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 saat survei di GOR Merdeka, Jalan Gus Dur, Jombang. (Foto: Muji Lestari).
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Cepatnya persebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang membuat dua rumah isolasi yang disediakan sudah mulai penuh.

Untuk mengantisipasi pertambahan jumlah warga yang harus diisolasi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 berencana menjadikan GOR Merdeka sebagai rumah isolasi ke-tiga.

Baca Juga

“Lokasi di Stikes dan Tennis Indoor sudah mulai penuh. Sedangkan masa pandemi masih berjalan, sehingga penambahan dimungkinkan masih akan muncul,” kata Koordinator Bidang Penanganan Pasien, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, Pudji Umbaran, Sabtu (20/6/2020).

Gedung olah raga di Jalan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu, menurut Pudji, akan digunakan untuk mengisolasi pasien yang diduga terpapar virus corona dengan hasil rapid test reaktif. Diperkirakan gedung itu mampu menampung 90 orang.

Sedangkan Gedung Stikes dan Tennis Indoor akan difungsikan sebagai tempat isolasi pasien yang terkonfirmasi positif.

“Namun mereka (penghuni rumah isolasi) dalam kondisi sehat, tidak ada gejala apapun. Sehingga tidak kami tempatkan di rumah sakit,” terangnya.

Pudji menambahkan, saat ini Tim Gugus Tugas masih melakukan peninjauan dan segera melakukan penataaan maupun desain ruangan.

“Sekarang masih kami survei untuk penataannya, termasuk fasilitas lainya, seperti kamar mandi dan air bersih,” tandasnya.

Sebaran Covid-19 di Jombang hingga pemutakhiran terkini masih menunjukkan peningkatan kasus. Data yang dirilis Dinas Kesehatan mencatat jumlah kasus positif corona di Jombang hingga Jumat (19/6/2020) sore tercatat 192 orang.

Dari jumlah itu, ada penambahan 14 kasus baru yang terkonfirmasi positif corona dari sebelumnya. Angka itu, merupakan kasus lama di mana mereka sebelumnya berstatus PDP (pasien dalam pengawasan).

Dari angka tersebut, sebanyak 158 orang dirawat dibeberapa rumah sakit, 17 orang meninggal dunia dan 17 lainya telah sembuh secara klinis.

 

INSTAGRAM

Berita Terkait