Dua Perpustakaan Perguruan Tinggi di Jombang Raih Akreditasi A Dari Perpusnas

Mahasiswa sedang belajar di perpustakaan di Unipdu Jombang.
  • Whatsapp

JOMBANG, KabarJombang.com – Dua Perpustakaan Perguruan Tinggi (PT) di Kabupaten Jombang, mendapat predikat Akreditasi A dari Perpustakaan Republik Indonesia. Dua PT tersebut adalah Stikes Insan Cendekia Medika Jombang dan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang.

Hal ini disampaikan bagian pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Jombang, Maharani. Ia mengatakan, untuk mendapatkan akreditasi A, ada beberapa komponen yang harus di penuhi oleh Perguruan tinggi tersebut.

Baca Juga

“Jadi ada beberapa komponen penilaian yang diisi oleh Perguruan Tinggi, sebelumnya mereka juga yang mengajukan,” ucapnya kepada KabarJombang.com, Selasa (3/12/2019).

Lebih lanjut, beberapa komponen tersebut, merupakan syarat yang diberikan oleh Perpustakaan RI kepada Perguruan Tinggi.

“Memang ada beberapa persyaratan yang harus di lengkapi,” ujarnya.

Menurutnya, beberapa komponen yang harus di penuhi syaratnya antara lain koleksi, sarana prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan dan komponen penguat.

Hal ini nantinya dicek oleh Tim Akreditasi Perpustakaan sebagai syarat dan ketentuan yang harus di penuhi.

Komponen tersebut, merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi bagi Perguruan Tinggi yang mengajukan akreditasi Perpustakaan.

Selain itu, dua Perguruan Tinggi di Kabupaten Jombang Stikes Icme dan Unipdu Jombang, meraih Akreditasi A perpustakaan dari Perpustakaan RI, hal ini tersampaikan melalui surat dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan jawa Timur.

Selain dua PT tadi, lanjut dia, terdapat satu PT yang mendapat Akreditasi B yaitu STKIP PGRI Jombang dan 6 perpustakaan lembaga formal Sekolah Menengah Atas yang mendapatkan Akreditasi A.

Diantaranya MAN 3 Jombang, SMA DU 2, SMPN 3 Peterongan, MTsn 3 Jombang, serta peraih Akreditasi B yaitu MAN 2 Jombang dan SMK 3 Jombang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.