DPRD Jombang: Raskin Berkualitas Rendah, Sebab Penyimpanan Beras Terlalu Lama

Komisi B DPRD Jombang saat melakukan sidak ke gudang Bulog di Desa Sembung, Kecamatan Perak, Selasa (8/8/2017). (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Lamanya waktu penyimpanan sebelum didistribusikan, menjadi persoalan munculnya fenomena Beras Sejahtera (Rastra) yang berkualitas rendah.

Hal ini seperti dikatakan sejumlah Anggota DPRD Jombang Komisi B saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di gudang penyimpanan beras milik Bulog, di Desa Sembung, Kecamatan Perak, Selasa (8/8/2017).

Meski tak menemukan rastra berkualitas rendah saat sidak, namun pihaknya menemukan fakta tentang sebab rendahnya kualitas rastra yang masih ditemukan warga.

“Kita memang tidak menemukan rastra kulaitas rendah. Namun, kita sudah menyampaikan agar jarak simpan dengan pendistribusian ke masyarakat tidak terlalu jauh. Sebab, kualitas kurang baik karena terlalu lama disimpan di gudang, meski dengan perawatan yang maksimal,” terang Rohmad Abidin, Ketua Komisi B DPRD Jombang.

Sementara itu, Wakil Kepala Sub Divre Bulog Surabaya Selatan, Anita Andreani, tak membantah jika masih ditemukannya Rastra berkualitas rendah, akibat lamanya penyimpanan beras sebelum disitribusikan.

Sehingga, pihaknya menghimbau kepada warga yang masih menerima rastra dengan kualitas buruk, segera melapor untuk mendapatkan pengganti beras yang layak.

“Beras yang masuk ke dalam gudang sebenarnya sudah melalui proses sortir. Sehingga tidak mungkin ada beras berkualitas buruk yang bisa masuk ke Bulog. Bahkan, dalam penyimpanannya pun sudah melalui beberapa prosedur yang ditentukan. Namun, kita tetap meminta kepada warga yang masih menerima Rastra berkualitas rendah untuk melaporkan kepada kita,” pungkasnya. (aan/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here