by

Diracuni, Ribuan Ikan Sapu-sapu Mati Mendadak di DAM Cukir

KABARJOMBANG.COM – Ribuan ikan sapu-sapu, ditemukan mati mengambang di area DAM yang berada di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, pada Selasa (24/10/2017). Seperti terlihat di lokasi, ribuan ikan yang akrab dengan sebutan ikan pembersih kaca ini, mati secara mendadak.

Warga yang memadati lokasi, hanya melihat saja dan tak mau mengambil ikan tersebut. Pasalnya, ikan sapu sapu ini merupakan jenis ikan yang tidak bisa dimakan.

Menurut warga, matinya ribuan ikan sapu-sapu tersebut akibat ulah orang tak bertanggung jawab yang meracuni sungai. Ironisnya, kejadian ini tidak hanya kali ini saja. Namun, ulah tak terpuji tersebut sudah kerapkali terjadi di lokasi yang sama.

“Tidak hanya kali ini saja. Kejadian seperti ini, sering terjadi. Kita hanya menyayangkan, karena hal seperti ini sering terjadi, dan tidak ada upaya penindakan,” kata Muhammad Hadi, warga sekitar.

Meski tampak mengambang dan memenuhi sungai, tak ada satupun warga yang membersihkan bangkai ikan sapu-sapu tersebut. Bahkan, warga yang mengambilnya, tampak berhati-hati. Mereka khawatir keracunan, lantaran air sungai yang diracun tersebut membuat ikan mati. (aan/rief)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya