Dihadiri Politisi Muda Golkar, Warga Pandanwangi  Diwek, Rayakan 1 Suro  Sembelih Kerbau

Anggota Fraksi Golkar DPRD Jombang, Rahmat Agung Saputra (berjaket kuning). Foto: Istimewa.
  • Whatsapp

DIWEK, KabarJombang.com – Karena dalam masa pandemi Covid-19. Perayaan 1 Suro (1 Muharram ) di Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, berbeda dengan sebelumnya.

Kalau tahun-tahun sebelumnya ada pagelaran budaya dengan arak-arakan kuda lumping, barongsai, tari remo serta drum band dari anak – anak SDN Pandanwangi. Pada perayaan 1 Suro yang bertepatan dengan 1 Muharram 1442 H (2020 M) ini terpaksa sejumlah seni budaya tersebut ditiadakan.

Baca Juga

Kendati tidak semeriah seperti perayaan sebelumnya. Namun, acara Suro an yang digelar warga Pandanwangi, pada Sabtu (22/8/2020) malam berjalan khidmat.  Ya, warga Pandanwangi menggelar doa bersama dan tumpengan.

Selain menggelar doa bersama dan tumpengan, warga Pandanwangi juga menyembelih seekor kerbau yang dagingnya dibagikan ke warga setempat.

Yang membedakan dengan tahun sebelumnya lagi adalah, kendati acaranya sangat sederhana, warga Pandanwangi cukup bangga. Pasalnya, dalam acara ritual doa bersama dan tumpengan perayaan 1 Suro itu, dihadiri politisi muda Golkar Rahmat Agung Saputra.

Kepada warga Pandanwangi, Rahmat Agung Saputra yang anggota Komisi D DPRD Jombang itu, menyayangkan jika acara Suro an tanpa adanya kirab budaya sebagaimana tahun sebelumnya.

“Namun karena dalam masa pandemi Covid -19 sehingga terpaksa uri-uri budaya Jawa tersebut ditiadakan, “ujar Mas Dewan, panggilan akrab Rahmat Agung Saputra, usai acara.

Mas Dewan berharap, kegiatan budaya seperti ritual dalam rangka perayaan 1 Suro atau 1 Muharram ada perhatian dari Pemkab Jombang untuk melestarikan.

“Apalagi acara tersebut intinya adalah sebagai ungkapan rasa syukur dan berdoa untuk menolak balak, “ujar Rahmat Agung Saputra yang anak kandung Andik Basuki Rahmat. Ketua Komisi A DPRD Jombang itu, kepada KabarJombang.com Sabtu (22/8/2020) malam.

Sementara itu, Gus Iwan, salah satu tokoh masyarakat Desa Pandanwangi, mengaku bangga masih bisa menggelar ritual 1 Suro meski sangat sederhana.

“Alhamdulillah, meski dalam masa pandemi, kami masih bisa melaksanakan kegiatan ini kendati sangat sederhana. Semoga tahun depan bisa seperti tahun sebelumnya, dengan dukungan dari Mas Dewan, “ujar Gus Iwan.

INSTAGRAM

Berita Terkait