by

Diduga Oven Bocor, Gudang Pengolahan Kayu di Jombang Terbakar

KABARJOMBANG.COM – Diduga akibat oven atau pemanas mengalami kebocoran, gudang pengolahan kayu yang berada di Jalan Gatot Subroto, Desa Mojongapit, Kecamatan/Kabupaten Jombang, terbakar, Sabtu (15/12/2018) siang.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa terbakarnya perusahaan kayu Jati Mapan tersebut. Hanya saja, warga dibuat panik dengan kejadian ini. Pasalnya, mereka khawatir api akan menjalar ke pemukiman warga.

Dari informasi yang dihimpun, kebakaran tersebut diketahui pertama kali oleh Arifin, salah satu karyawan pabrik tersebut. Siang itu, dirinya melihat kepulan asap keluar dari gudang tersebut. Hanya hitungan menit, api kemudian membesar.

Sayangnya, upaya pemadaman yang dilakukan sejumlah karyawan tak membuahkan hasil. Sebab, mesin pompa air yang ada di gudang tersebut rusak. Karyawan lalu menghubungi petugas PMK (pemadam kebakaran) untuk meminta bantuan memadamkan api.

Arifin mengatakan, gudang tersebut digunakan untuk pengeringan kayu merbau. Proses pengeringan menggunakan oven.

“Api pertama kali muncul dari gudang oven kayu. Saya tidak tahu apakah kebakaran tersebut disebabkan bocornya mesin tersebut,” ungkapnya.

Selang beberapa waktu, tiga unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Selain itu, mobil tangki penyuplai air sebanyak dua unit. Petugas lalu berupaya menjinakkan si jago merah. Selang dua jam kemudian, api berhasil dipadamkan.

“Kebakaran terjadi, sekitar pukul 13.00 WIB. Dugaan sementara, akibat bocornya oven atau pemanas. Sementara kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah,” kata Gunadi, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Jombang. (nas/kj)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya