by

Di Jombang, Tak Punya SIM, Motor Akan Disita

KABARJOMBANG.COM – Bagi pengendara motor yang melintas di Kabupaten Jombang, hendaknya berhati-hati. Terutama jika tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM). Pasalnya, Polres Jombang akan memberlakukan aturan penyitaan kendaraan bermotor jika pengendara tidak mampu menunjukan kepemilikan SIM.

“Bukan Surat tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang nantinya akan ditahan ketika terjaring razia, namun kendaraannya yang akan kita tahan jika pengendara tak mampu menunjukan SIM,” ujar Kepala Satuan Lalulintas Polres Jombang, AKP Mellysa Amalia kepada kabarjombang.com Kamis (26/11/2015).

AKP Mellysa mengatakan, hal ini dilakukan oleh pihaknya guna menekan angka pelanggaran lalu lintas yang semakin meningkat di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Selain itu, hal ini diberlakukan oleh pihaknya agar para pengendara lebih sadar terkait aturan lalu lintas.

“Angka pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Jombang sudah sangat tinggi, ini sebagai bentuk upaya penekanan jumlah pelanggar lalu lintas. Selain itu, SIM sebagai bukti yang sah bahwa pengendara diperkenankan membawa kendaraannya,” imbuhnya.

Masih menurut Mellysa, tindakan Razia dengan menahan kendaraan bermotor bagi pengendara yang tidak memiliki SIM sudah mulai diberlakukan mulai pekan ini.”Sudah kita lakukan pekan ini dan akan terus kita lakukan hingga para pengendara sadar terkait aturan tata tertib lalu lintas,” pungkasnya. (ari)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

32 comments

    1. Bukan susah, tp dipersulit biar bikin sim tidak melalui jalur resmi alias calo,… kan lumayan kalo resmi 100rb kalo gak rsmi 500rb,..

      1. makannya belajar dan latihan biar bisa, kalo ada yang bayar 500rb kan bukan salah polisinya, tapi salahkan pengendaranya karna tidak mau berusaha

      2. aku lo mas gae sim di permudah mek 125 kok sampean ae seng gorong isok numpak speda motor

  1. maen sita kalo gk kenal., kalo kenal ya dilepas lagi, gmana gk kampret coba….
    udah bikin sim dipersulit maen sita aja… perbaiki dulu tu mental aparat jangan maen sita aja…..

  2. sekalian aja tutup tuh DEALER atau SORUM” MOTOR…kan malah lebih simple…qt beli bukanya nyuri..main sita” aja

  3. bikin SIM aja bayar kira” Rp.500.000 dan test sebagai formalitas….apakah aparat begini itu udah bener…koreksi dulu donk jangan asal bikin peraturan…mangkanya permudah buat sim sesuai dengan peraturanya….

    1. makannya belajar dan latihan biar bisa, kalo ada yang bayar 500rb kan bukan salah polisinya, tapi salahkan pengendaranya karna tidak mau berusaha

  4. Boleh ambil motor n klau gak pnya sim n stnk ,,,,mudah2an semua d sadarkan oleh allah swt

  5. apapun tindakan polisi sebagai aparat…. hrs ada landasan hukum yg pasti dan benar tdk asal sita aja… ayo pak/ibu polisi tunjukkan perlindunganmu mengayomi masyarakat itu……

    1. segala tindakan itu pasti sudah difikirkan matang2, masyarakat indonesia tidak semua bisa diperingatkan hanya dengan cara halus dan mereka langsung bisa paham, tapi kebanyakan masyarakat indonesia apabila diberi sanksi yang ringan maka akan diulangi lagi, tapi kalau diberi tindakan agak tegas pasti banyak protes, itulah masyarakat kalau tidak mau mendapat tindakan tegas ya ikuti aturan maka aturan lah yang akan menjagamu

  6. Indonesia sudah merdeka tetapi hidup kayak blm merdeka…semua serba dipersulit, kasihan para pahlawan yg dulu sampai mengorbankan nyawanya untuk Indonesia.

  7. Loh ya….emange motor itu barang curian kok main tahan…apa ada uu atau aturan mana klo gak ada sim itu di tahan…hadewwwww tmbh meresahkan masyarakat jombang klo terus begini begini kasatlantas jombang ini..

  8. Seng mbelani polisi gausah sok2an ngunu po.oh..
    Wani nyita motor q ? Aku teriak maling hahahahancokk

  9. Gk ada hubungan.a gimana insyaallah tak sumpain polisi jombang banyak yang kna struk ..hahahaha lbih parah dri pada maling

  10. Jika untuk anak sekolah yg tdk punya sim krn blm 17 thn untuk mempunyai sim bagaimana, krn mereka menggunakan sepeda motor unt berangkat sekolah ,

  11. Aq gk due sim bos ,,, nek umpomo kcekel d tilang spdah,e tak kek,no ,,,, aq moleh jopok BPKB,ne tak wehno polisine tak kongkon nyusuk,i ae cek d tuku polisine,,,, aq tk tuku becak pancal ae enk gnok polisi iso nggonceng ank bojoku,,, curhat lo aq pak,,, urip iki soyo keras,,,,, obah ae gae duwek,,,

  12. Itu aturan dbikin untuk kebaikan masyarakat jg. Kalau situ gk mau diatur, silahkan cari negara lain yg bebas aturan. klau ada. Atau klau mau yg betul2 bebas aturan, silahkan tinggal di luar angkasa sana. Susah amat.

  13. Daripada ribet takut motor di ambil lebih baik jual aja motornya, beli sepeda
    Jauh lebih aman, sehat, murah dan ramah lingkungan
    Kalau mau bepergian jauh naik aja transportasi umum

  14. Klo polisi bikin SIM.nya enak gk usah tes sgala macem,, tp klo msyarakat umum yg bikin SIM, hadehhhh susahnya minta ampun,, inikah yg dinamakan merdeka

  15. Makanya klo g ingin masyarakat melanggar lalu lintas;permudah donk bikin SIM..jgn dipersulit..enak ja main sita2..emg dipikir beli motor pake daun.. jgn merampas milik org lain.. klo g mau milikmu dirampas.

  16. Bikin aturan sapenak e dewe Bu…Dasar Hukumnya Apa…???
    Hubungannya apa Sim Sm Kendaraan…
    Kalo tidak Ada Stnk baru disita kendraanya dasar hukum jelass…wah wahhh

  17. Comment:kalau ngak bisa nujukin stnk baru disita,itu baru benar,dipermudah dong buat sim,tapi biasanya klau kenal petugas jalan terus,dan yg pasti yg punya pelaturan yg menang

Berita Lainnya