Di Jombang, Bumbu Dapur Mulai Merangkak Naik, Ini Penyebabnya

Menjelang pergantian tahun, sejumlah bumbu dapur di pasaran, mulai merangkak naik. (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Menjelang pergantian tahun baru, kebutuhan dapur di pasaran mulai merangkak naik. Cuaca buruk, menjadi penyebab terjadinya lonjakan harga sejumlah bahan dapur di tingkat pasar. Ini seperti yang terjadi di Pasar Citra Niaga Jombang, Rabu (6/12/2017).

Di pasar ini, sejumlah kabutuhan seperti cabai merah dan cabai kecil mengalami kenaikan hingga 30 persen. Bahkan, harga tomat dan sayuran, juga ikut melambung. Kenaikan harga diketahui sudah berlangsung seminggu lalu.

“Naiknya sudah seminggu lalu. Mungkin karena cuaca yang tidak menentu. Sebab, di tingkat petani, pasokan cabai dan sayuran nyaris tidak seperti biasanya,” ujar Kabul, salah satu pedagang di lokasi.

Jika dirinci, kini kenaikan harga cabai merah mencapai 10 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya hanya berharga Rp 5 ribu hingga 7 ribu per kilogram. Sementara, untuk harga cabai kecil mengalami kenaikan hanya berkisar Rp 3 hingga Ro 2 ribu per kilogram.

“Memang beberapa hari ini harga kebutuhan dapur naik. Mungkin karena barangnya di tingkat petani sudah sedikit,” ujar Muhayati (40), salah satu pembeli di pasar. (aan/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here