Demam Tifoid dan Pneumonia, Jadi Trend Penyakit Musim Hujan

Pasien demam Tifoid dan Pnemunia yang dirawat di RSUD Jombang. (FOTO: AAN)

KABARJOMBANG.COM – Demam Tifoid dan Pnemunia menjadi trend penyakit saat musim hujan datang. Jika terserang kedua penyakit tersebut, tubuh bisa mengalami demam tinggi hingga 39-40 derajat celcius.

Tak hanya itu, tubuh bakal terasa menggigil, perut terasa sakit dan denyut jantung melemah. “Gejala tersebut yang akan dialami bagi penderita penyakit tersebut,” terang dr Pudji Umbaran, Direktur RSUD Jombang, Kamis (30/11/2017).

Menurutnya, Demam Tifoid merupakan demam yang disebabkan serangan bakteri Salmonella Enteric. Sedangkan Pneumonia merupakan penyakit infeksi paru-paru disebabkan oleh bakteri dan virus.

“Kedua penyakit ini lazim muncul ketika musim penghujan datang. Penyebabnya bermacam-macam, seperti bakteri dan virus,” tambahnya.

Kedua jenis penyakit musiman tersebut, memiliki sifat penularan yang berebeda. Untuk Tifoid lebih dominan menyerang manusia berusia 10 tahun hingga lebih. Sebab, virus ini lebih bervariatif dalam penyebarannya.

Sedangkan Pneumonia, rata-rata menyerang usia dibawah 5 tahun. Penyebabnya masih minimnya kekebalan tubuh yang dimiliki bocah berusia balita.

Dari catatannya, hingga saat ini pasien akibat kedua penyakit tersebut masih dalam tingkat wajar. Sehingga, secara penanganan masih bisa dilakukan sebaik mungkin. “Jumlahnya, saya tidak bisa memastikan berapa. Akan tetapi memang di rumah sakit ini masih terdapat pasien yang dirawat karena dua penyakit tersebut,” pungkasnya. (aan/kj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here